Form Monitoring Ibadah Ramadhan 1441 H

Form Monitoring Ibadah Ramadhan 1441 H/ 2020 M

Posted on

Pertama-tama kami ucapkan selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1441 H, semoga ibadah puasa tahun ini dapat berjalan lancar dan segala amal ibadah kita diterima Allah SWT.

Ramadhan tahun ini berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19. Tidak ada lagi buka bersama, tidak ada sholat berjamaah, bahkan bisa jadi andaikan sampai akhir Ramadhan pandemi ini belum berakhir, maka bisa saja sholat ied juga ditiadakan.

Pemerintah juga telah menetapkan larangan mudik bagi masyarakat untuk mencegak penyebaran virus corona, sehingga bagi teman-teman yang sekarang masih di perantauan maka tahun ini akan merayakan Idul Fitri di perantauan. Bahkan cuti bersama hari raya Idul Fitri juga telah digeser ke akhir tahun.

Ramadhan tentu akan menjadi Ramadhan paling sunyi yang pernah kita alami, segala sesuatu akan kita lakukan sendirian. Tantangannya tentu akan berbeda ketika ibadah dilakukan secara bersama-sama dan sendirian.

Hal terpenting yang perlu kita tetapkan di awal adalah TARGET. Dengan menentukan target yang jelas, kita akan lebih bersemangat dalam beribadah, lebih fokus, dan Insyaallah akan membuat diri kita lebih baik.

Adapun ibadah-ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan antara lain:

1. Membaca Alquran.

Ada tips sederhana agar kita dapat khatam Alquran selama bulan Ramadhan, yaitu setelah sholat wajib, baca Alquran sebanyakan 4 halaman. Insyaallah dalam sebulan kita akan khatam Alquran satu kali. Jika menargetkan dua kali khatam, berarti tinggal dilipatgandakan targetnya menjadi 8 halaman setiap setelah sholat wajib.

2. Sholat Tarawih

Sholat tarawih yang biasanya kita lakukan di masjid secara berjamaah, tidak dapat dilakukan lagi tahun ini. Kita hanya bisa melaksanakan sholat tarawih sendirian atau mungkin bersama keluarga kita.

3. Sholat Dhuha

Selama pandemi covid19 ini sebagian dari kita punya waktu luang yang cukup banyak karena volume pekerjaan yang berkurang atau karena WFH (Work From Home). Ketika ada waktu luang di pagi hari, tidak ada salahnya kita maksimalkan untuk sholat dhuha.

4. Shodaqoh

Banyak pihak yang terdampak adanya pandemi covid-19, mulai dari karyawan yang dirumahkan, ojek online yang sepi order, pedagang makanan yang sepi pembeli. Apabila kita masih diberkahi rejeki cukup, tidak ada salahnya kita berbagi dengan saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Itulah beberapa ibadah yang dapat kita optimalkan selama bulan Ramadhan dalam masa pandemi covid-19.

Untuk menjaga agar target yang telah ditentukan dapat tercapai serta untuk memonitoring ibadah harian kita, berikut kami buatkan excel monitoring ibadah harian Ramadhan yang dapat diunduh pada link berikut

DOWNLOAD

Semoga form monitoring ibadah Ramadhan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.

Gravatar Image
Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply