Menggunakan Google Cloud Print

Ngeprint dari Mana Saja Dengan Google Cloud Print

Posted on

Menggunakan Google Cloud Print
Saat ini besarnya tingkat interaksi kita dengan dunia maya lebih dominan ketimbang dunia nyata. Hal ini terbukti dengan banyaknya bermunculan situs jejaring sosial dan penggunanya yang terus bertambah setiap harinya. Tentunya banyak sekali developer yang memberikan fasilitas gratis di Internet yang bernilai manfaat besar, salah satunya adalah google cloud print. Meskipun Google cloud print masih versi beta, tetapi saya merasakan manfaat yang luar biasa dari fasilitas gratisan ini. Dengan fasilitas ini saya bisa pulang tepat waktu dan tidak harus selalu berada di depan meja kerja saya yang lama-lama juga membuat jenuh meskipun sudah di dekor berulang-ulang.

Sulit bagi para pekerja kantoran untuk mengatur waktu jika deaedline sudah di depan mata. Untuk mengurangi kerja lembur dan intensitas pekerjaan yang berat di kantor diperlukan adanya inovasi untuk mengakali waktu yang terbatas dan suasana yang mendukung mood seorang pekerja kantoran. Sekarang, mari kita coba Manfaatkan fasilitas internet untuk dapat bekerja dimana saja dan kapan saja tanpa terikat suasana kantor di tempat yang kita sukai dengan memanfaatkan fasilitas google cloud print yang disediakan google.

Markimul = Mari kita mulai :

Tidak banyak Logistik yang anda butuhkan untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini antara lain :

– Printer yang terhubung dengan PC kantor

– Chrome Search Engine terinstall

– PC yang bisa / biasa terhubung dengan Jaringan internet

– Jaringan Internet

– Gadget kerja (notebook / pda / tablet pc / hand phone / PC) yang juga bisa dikoneksikan ke internet

Google Cloud Print bekerja dengan cara mendaftarkan printer anda menjadi printer virtual. Manfaat dari fasilitas ini adalah untuk melakukan cetak dokument/foto dari mana saja dan kapan saja, jadi anda tidak harus duduk di meja kerja dan tidak perlu menunggu pagi hari di keesokan harinya hanya untuk mencetak laporan/konsep surat yang telah anda buat dan dibutuhkan segera.

Anda tidak perlu melakukan penginstalan aplikasi apapun, karena yang harus anda lakukan adalah hanya dengan mendaftarkan printer yang ada di meja kerja anda yang terhubung ke jaringan internet dengan account google yanag anda punya.  Bukalah situs www.google.com/cloudprint dan anda akan  dituntun dengan petunjuk detail yang mudah dipahami untuk bisa mendaftarkan printer mana saja yang anda inginkan untuk menjadi virtual printer anda.

Tidak hanya dapat digunakan untuk printer di kantor anda, bila anda berkenan anda juga dapat mendaftarkan printer yang ada di rumah anda atau rumah saudara anda tentunya dengan account google yang anda miliki sehingga google cloud print juga bisa digunakan sebagai mesin yang fungsinya sama seperti mesin fax untuk mengirim dokumen langsung dalam bentuk hardcopy kepada saudara/rekan anda cukup dengan mendaftarkan printer-printer yang ada di rumah saudara/rekan kerja.

Mulai saat ini anda bisa mencetak apa saja yang anda inginkan sambil bersenda gurau dengan orang-orang terdekat anda dan tetap eksis cukup dengan koneksi internet dan account google tanpa harus membawa printer berat anda. Fasilitas ini memungkinkan anda bekerja walaupun PC kantor anda tidak sedang terhubung dengan jaringan internet bahkan anda tidak perlu khawatir jika printer yang telah anda daftarkan dalam keadaan offline/mati karena google akan membuat status cetak dokumen anda menjadi queue (ngantri) dan printer anda akan secara otomatis melakukan pencetakan jika anda telah menghubungkannya dengan jaringan internet.

Selamat beraktifitas dengan virtual printer buatan mbah google kapanpun dan dimanapun anda menikmati dunia anda.

2 thoughts on “Ngeprint dari Mana Saja Dengan Google Cloud Print

Leave a Reply