apa sih pensil 2b

Apa Sih Arti Simbol 2B Di Ujung Pensil

Posted on
Penasaran dengan symbol gabungan unsur huruf dan angka di ujung pensil? Kalo lagi musim ujian penerimaan CPNS, UAS, Seleksi Penerimaan ato UAN, pasti angka 2B paling dicari, mungkin kalo sobat kantorkita cari di search engine google, angka 2B masuk dalam urutan pertama paling atas dalam daftar temuan google. Pernah nggak sih bertanya, apa sih arti simbol 2B di pensil yang wajib kita gunakan untuk menjawab soal ujian di Lembar jawaban Komputer?
Browsing punya browsing ternyata unsur utama pensil sejarah dulunya sih pensil itu pake grafit produksi Inggris, nah sesuai perkembangannya, mulai deh ditemukan teknik pencampuran grafit dengan tanah liat dimana ternyata ragam rasio perpaduan antara keduanya akan menghasilkan hasil yang berbeda. Kalo tanah liat dikurangi maka grafit akan mendominasi volume yang ada sehingga hasilnya akan semakin hitam, begitupun apabila tanah liatnya terlalu banyak maka hasilnya akan memudar (tidak terlalu hitam) akan tetapi batang pensilnya akan lebih keras.
simbol 2b pada pensil

Simbol huruf B pada ujung pensil menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara simbol huruf H menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Sementara angka di depan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2H akan lebih keras daripada H, atau 2B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. Sedangkan pensil dengan simbol HB yang banyak ditemukan di toko untuk pensil sekolah menunjukkan bahwa pensil memiliki kedua sifat keras dan tebal.

Secara ringkas dapat dikatakan :
  • H berarti Hardness (yaitu tingkat kekerasan, skalanya antara H, 1H sampai 9H, semakin tinggi angkanya berarti semakin keras).
  • B berarti Boldness (tingkat kehitaman dari mulai B, 1B, 9B bahkan 9xxB).
Namun pengkodean pensil tersebut, sampai saat ini tidak ada standar internasionalnya lho. Jadi penentuan kadar grafit dan tanah liat bagi setiap produsen pensil sehingga kehitaman pada masing-masing merek pensil bisa berbeda.
Mudah-mudahan sobat kantorkita udah ngerti nih apa makna dibalik simbol di ujung pensil :).

Leave a Reply