7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021

7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021

Pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal tahun 2020 belum menunjukkan tanda-tanda akan selesai. Hampir seluruh sektor ekonomi terpukul oleh pandemi, bahkan sebagian kolaps akibat penjualan yang terpuruk dan tak kunjung meningkat. PHK juga terjadi dimana-mana menyebabkan banyak orang kehilangan mata pencaharian. Dalam kondisi pandemi seperti ini, masih ada harapan untuk menambah pemasukan dari usaha online yang dapat dikerjakan dari rumah dengan modal yang relatif kecil. Kami akan mengulas secara lengkap 7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021.

Kenali Potensi Diri

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha online, ada hal yang wajib dilakukan agar kamu dapat menentukan secara tepat pilihan jenis usaha yang akan dijalankan, yaitu mengenali potensi diri.

Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Fokuslah pada potensi diri kamu tanpa membandingkannya dengan orang lain. Mengapa hal ini penting? Agar kamu dapat bekerja dengan passion, antusiasme, optimisme, dan kamu menikmati pekerjaanmu. Langkah sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengenali potensi dirimu adalah sebagai berikut:

Ambil selembar kertas pena dan tulislah poin-poin berikut. Pada tiap-tiap poin itu isikan sesuai kondisi sebenarnya.

  • Karakter : Tuliskan karaktermu seperti apa, misal senang kerja tim, ekstrovert, perfeksionis, dsb.
  • Hobi : Kamu dapat menuliskan hobi yang kamu geluti cukup lama, tidak sekedar mengikuti tren, misal kamu punya hobi menulis atau traveling.
  • Pendidikan/Training : Meskipun kesuksesan tidak tergantung pada ijazah, namun tidak ada salahnya kamu menuliskan pendidikan formal dan non-formal yang pernah kamu ikuti karena ilmu yang kamu miliki itu adalah sebuah potensi.
  • Skill : Tulis skill yang kamu kuasai, tak masalah jika skill itu belum sampai level expert. Skill apapun itu dapat diasah selama kamu punya kemauan.
  • Tujuan hidup : Jika kamu sudah tahu tujuan hidupmu, maka kamu tahu kemana harus melangkah.
  • Circle : Petakan lingkaran pergaulanmu, misalnya circle teman SMA, teman kuliah, teman kerja. Kemudian coba review masing-masing circle, mana yang memberikan pengaruh baik, mana yang memberikan pengaruh buruk.

Mudah bukan mengenali potensi diri?

7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021

Setelah kamu mengenali potensi diri, maka selanjutnya adalah memilih peluang usaha online yang akan kamu pilih. Kami akan berikan gambaran lengkap 7 Ide Peluang Usaha Online yang bisa dikerjakan dari rumah dan modal yang relatif kecil.

1. Blogger

Kepopuleran blog mungkin saat ini kalah dibandingkan dengan vlog, namun percayalah dengan teknik yang tepat blog dapat memberikan penghasilan yang relatif besar.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu tertarik menjadi seorang Blogger adalah sebagai berikut :

  • Content is king. Nilai jual dari sebuah blog adalah konten. Tanpa konten yang berkualitas, mustahil blog kamu akan mendapatkan pengunjung banyak. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pula potensi penghasilan yang akan kamu dapatkan.
  • Niche atau topik. Jika kamu ingin postinganmu tetap dicari orang beberapa tahun yang akan datang, maka hindari memilih topik berita/gosip. Kamu bisa memilih topik tulisan yang tidak cepat basi, misal tentang tutorial, resep makanan, arsitektur, traveling, dsb.
  • Nama Domain itu ibarat nama perusahaan. Pilih nama yang relevan dengan niche yang kamu ambil, mudah diingat, dan singkat. Kamu bisa memilih domain internasioal seperti .com atau .net. Namun jika kontenmu Bahasa Indonesia, lebih baik pilih domain yang Indonesia banget, yaitu .id. Untuk membeli domain impianmu caranya mudah, kamu bisa mendapatkannya di Exabytes Indonesia , di tautan berikut www.exabytes.co.id/domain-murah.
  • Hosting merupakan kekuatan sebuah blog setelah konten. Jika konten bagus mendatangkan pengunjung, maka hosting yang bagus akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Bayangkan jika calon pengunjung sangat tertarik membaca judul post kamu di Google, namun ketika link tersebut diklik halaman yang dibuka loadingnya lama maka bisa saja ia tidak jadi mengunjungi blog kamu.  Kami merekomendasikan Beli Hosting Gratis Domain yang terbukti memiliki server yang handal dan cepat.7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021
  • Dengan menggunakan Exabytes, kamu akan mendapatkan fitur sebagai berikut:
  1. Hosting super cepat, stabil serta handal dengan berbagai fitur.
  2. Install Aplikasi 1 Klik. Tersedia banyak aplikasi untuk membuat website CMS, membuat forum atau blog dengan mudah hanya dengan 1 klik.
  3. Control Panel Plesk Ramah Pengguna. Plesk adalah control panel yang ramah pengguna dengan antarmuka yang sederhana serta kontrol yang mudah dimengerti membuat website semakin nyaman.
  4. Tim bantuan teknis Exabytes siap 24/7 akan membantu permasalahan kamu seperti kesalahan teknis dan masalah apa pun yang mungkin timbul saat membuat website. Selain itu Exabytes juga selalu memantau aktivitas yang mencurigakan untuk memastikan website kamu tetap aman.
  5. Email Personal. Jika kamu membeli hosting di Exabytes, maka kamu akan mendapatkan alamat email dengan domain kamu. Alamat email personal seperti ini tentu saja lebih keren daripada menggunakan email gratisan seperti yahoo atau gmail.
  6. Backup Harian Gratis. Kamu hanya perlu fokus membuat website. Tidak perlu khawatir saat dengan backup harian website kamu. Exabytes memberikan backup setiap hari secara gratis dan juga kemudahan restore data hanya dengan 1 klik.
  7. Sertifikat SSL Gratis (https). Sertifikat SSL mengenkripsi konten website kamu dan memberitahu pengunjung bahwa website kamu dapat dipercaya dan aman.
  8. Domain Gratis. Kamu bisa memperoleh nama domain impian secara gratis dengan order paket EBiz 12 Plus keatas.
  9. Dan jika kamu tidak puas dengan layanan Exabytes, jangan khawatir garansi uang kembali selama 100 hari dengan pengembalian dana 100% tanpa alasan.

Exabytes memiliki paket lengkap untuk segala keperluan mulai dari harga Rp13.900 (Paket EBiz 12 mini). Untuk tahap awal kamu bisa memilih paket EBiz 12 mini dengan fitur 12 GB SSD diskspace dan 20 GB monthly data transfer. Kelak jika konten dan pengunjung sudah semakin banyak kamu bisa upgrade sesuai kebutuhan.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Keterampilan utama yang dibutuhkan untuk menjadi Blogger tentu saja keterampilan menulis. Tidak masalah jika kamu tidak bisa coding HTML karena Membuat Website dengan WordPress yang sangat mudah. Proses intalalasi dan setting sudah menggunakan tampilan antarmuka yang mudah dipahami.

Referensi untuk Belajar Menjadi Blogger

Exabytes tidak hanya menjual layanan, namun juga menyediakan blog yang berisi tutorial membuat, mengelola, serta optimasi blog. Kamu bisa membaca banyak sekali tutorial di https://www.exabytes.co.id/blog/. Jika kamu masih pemula, artikel berikut wajib kamu baca.
10+ Panduan Mudah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula
Belajar SEO WordPress Untuk Pemula (Lengkap)

Tools yang Dibutuhkan

Untuk menjadi seorang Blogger, tools yang wajib dimiliki adalah sebuah PC desktop atau laptop. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk ngeblog juga tidak terlalu tinggi, yang penting bisa buka browser dengan lancar.

Potensi Penghasilan

Google Adsense
Direct Ads
Sponsored Content

Modal

Modal awal yang dibutuhkan untuk membuat blog kurang lebih 400 ribu rupiah per tahun. Biaya ini hanya untuk pembelian domain dan hosting selama tahun. Biaya yang dikeluarkan bisa sangat bervariatif tergantung kebutuhan.

Kisah Sukses

Blog iwanbanaran.com merupakan blog milik Iwan Banaran yang mengulas informasi tentang sepeda motor. Blog ini termasuk blog yang masih konsisten membuat konten dengan niche yang spesifik. Penghasilan yang diperoleh Iwan Banaran berasal dari iklan, baik Adsense maupun Direct Ads.

2. Youtuber

YouTube saat ini menjadi platform video yang paling digemari, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Jika kamu tertarik untuk menjadi Youtuber berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Pilih tema yang kamu suka, kemudian fokus pada tema itu. Misalnya kamu suka memasak, tak ada salahnya membuat video tutorial membuat masakan rumahan.
  • Tidak butuh peralatan mahal. Jika kamu melihat channel Youtubenya B Channel atau Alif Ba Ta, mereka berdua membuat video hanya dengan smartphone. Jika kamu sekarang memiliki smartphone yang memiliki kamera lumayan bagus, tak perlu ragu untuk terjun ke dunia YouTube.
  • Hati-hati dengan copyright. Dalam membuat video terkadang kamu menyisipkan lagu dari salah seorang penyanyi, YouTube mampu mendeteksi lagu itu milik siapa dan akan mengalihkan pendapatan dari videomu ke pemllik properti. Jadi gunakan musik yang bersifat non-copyright.

Keterampilan yang dibutuhkan

Keterampilan yang wajib dikuasai oleh seorang Youtuber tentu saja adalah edit video. Sedangkan kemampuan lain yang dibutuhkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi, sebagai contoh kamu membuat Youtube yang berisi cover lagu, maka kamu harus punya skill menyanyi atau memainkan alat musik.

Referensi untuk belajar menjadi Youtuber

Salah satu tutorial tentang YouTube yang menurut saya bagus sekali untuk pemula adalah tutorial yang dibuat oleh Christina Lie dengan judul BONGKAR SEO YOUTUBE 2019. BISNIS MELEJIT BERKAT YOUTUBE!. Silakan tonton sampai habis video tersebut.

Tools yang Dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat video sederhana cukup menggunakan smartphone. Namun jika kamu menginginkan kualitas gambar dan suara yang lebih cemerlang, maka kamu perlu kamera dan sound recorder yang bagus.

Potensi Penghasilan

Adsense
Endorsement

Modal

Modal awal yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan kondisi kamu saat ini, misalnya kamu sudah punya smartphone dengan kamera yang lumayan bagus maka kamu tidak perlu keluar uang untuk beli peralatan. Edit video juga masih bisa dilakukan pakai aplikasi yang tersedia di Play Store/App Store. Seiring berjalannya waktu ketika penghasilan dari YouTube sudah stabil, baru memikirkan untuk menambah berbagai peralatan yang lebih memadai.

3. Content Writer

Jika kamu membaca narasi yang keren di sebuah website, seperti itulah produk yang dihasilkan oleh seorang content writer. Mereka bekerja menghasilkan tulisan-tulisan dengan tema dan gaya sesuai permintaan customer. Jika kamu hobi menulis tak ada salahnya mencoba menekuni pekerjaan ini.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika kamu mau menjadi content writer:

  • Hindari plagiarisme. Customer selalu mengharapkan mendapatkan tulisan yang menarik dan aman dari plagiarisme, oleh karena itu kamu harus memperbanyak referensi/literatur agar dapat membuat konten yang baik.
  • Deadline. Jika kamu sudah teken kontrak, maka kamu harus bekerja sesuai perjanjian. Tantangan mengejar deadline saat bekerja di rumah tentu saja berbeda dengan bekerja di kantor, jadi kamu harus bisa mengatur waktu agar pekerjaan tetap dapat selesai tepat waktu.
  • Kuasai bahasa asing. Tarif penulisan artikel dengan bahasa asing saat ini masih jauh lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia. Jika kamu ingin penghasilan yang lebih besar, maka kamu harus menguasai bahasa asing.

Keterampilan yang dibutuhkan

Jika kamu ingin menjadi seorang content writer, maka skill wajib yang harus kami miliki adalah kemampuan menulis dan akan lebih baik lagi jika kamu mampu menguasai berbagai teknik penulisan untuk copy writing, SEO, script writing, dsb. Semakin banyak teknik penulisan yang kamu kuasai, kamu bisa mendapatkan job yang lebih banyak dan tentu saja penghasilan yang lebih banyak juga.

Referensi untuk belajar menjadi Content Writer

Di internet ada banyak sekali artikel maupun channel Youtube yang membahas tentang content writing. Jika kamu serius menekuni bidang ini, tidak ada salahnya kamu mengikuti kelas menulis di narabahasa.id atau skillacademy.com.

Tools yang Dibutuhkan

Selain memerlukan PC/laptop, kamu juga perlu sarana untuk mempromosikan jasa content writing melalui berbagai situs freelancer seperti Projects.co.id, Sribulancer, Sribu, Fiverr, UpWork, Freelancer, Toptal, PeoplePerHour, Guru, Simply Hired, Writer Access, dan 99Design.

Potensi Penghasilan

Saat ini jasa penulisan artikel berbahasa Indonesia sekitar 30 ribu rupiah per artikel, sedangkan untuk bahasa Inggris mulai dari 50 ribu rupiah. Setiap jenis tulisan memiliki tarif yang berbeda-beda, seiring meningkatnya kemampuanmu menulis, kamu bisa mendapatkan proyek penulisan yang lebih menguntungkan.

Kisah Sukses

Ferdinand Kentjana yang telah bekerja sebagai freelance content writer sejak tahun 2017. Kamu bisa baca cerita kesuksesan Ferdinand di blog sribu.com.

4. Affiliate Marketer

Affiliate Marketer mungkin kurang familiar bagi orang awam, namun pekerjaan ini cukup populer di dunia digital. Intinya adalah kamu menjual produk dengan kode referral. Secara sederhana pola kerja affiliate marketing adalah:

  • Daftar program afiliasi, sebagai contoh kamu akan mendaftar Program Afiliasi Terbaik di Exabytes.7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021
  • Setelah terdaftar kamu akan mendapatkan kode referral yang harus kamu bagian melalui berbagai media.
  • Setiap penjualan yang dilakukan melalui kode referralmu, kamu akan mendapatkan komisi.

Salah satu media yang cukup populer digunakan para Affiliate Marketer adalah blog. Kamu dapat membuat artikel yang menarik sehingga dapat mengarahkan pengunjung untuk membeli produk melalui link referral yang kamu taruh di artikel tersebut.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Untuk dapat menjalankan bisnis affiliate marketer, kamu perlu menguasai copy writing agar dapat menarik minat calon pembeli untuk melakukan transaksi. Selain itu kamu juga perlu belajar tentang iklan di Facebook dan Instagram agar penjualanmu lebih cepat meningkat.

Referensi untuk belajar menjadi Affiliate Marketer

Kamu bisa belajar mengenai program afiliasi dari blog Exabytes maupun dari berbagai channel Youtube yang membahas tentang affiliate marketing.

Tools yang Dibutuhkan

Kamu tidak perlu alat khusus untuk menjalankan affiliate marketing, kamu hanya perlu komputer atau laptop.

Potensi Penghasilan

Setiap program afiliasi memberikan komisi yang berbeda-beda, sebagai contoh program afiliasi Exabytes akan memberikan komisi 25% untuk setiap transaksi penjualan produk. Jika kamu mampu menjual produk dengan harga 1 juta rupiah, kamu akan mendapatkan komisi 250 ribu rupiah. Menarik bukan?

5. Reseller

Cara kerja Reseller adalah kamu membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran kemudian dijual kembali dengan harga yang telah ditentukan oleh supplier maupun yang bebas ditentukan sendiri.

Jika melihat data yang disajikan dalam buku Statistik E-Commerce 2020 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik, produk terbanyak yang laku di ecommerce antara lain : Makanan, Minuman, dan Bahan Makanan, Fashion, dan Kosmetik.

Dengan melihat data tersebut, maka kamu memiliki referensi barang-barang yang laris di pasaran.

Untuk memulai sebagai reseller, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Cari supplier yang memiliki produk yang kamu inginkan.
  • Daftar sebagai sebagai reseller.
  • Membeli barang dari supplier tersebut dan menjualnya secara online maupun offline.
  • Uang hasil penjualan dapat kamu putar kembali untuk mengambil barang dari supplier tersebut.

Dalam dunia digital, kamu juga dapat menjadi reseller untuk produk digital, salah satunya adalah Reseller Hosting dari Exabytes.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Tidak ada keterampilan khusus yang diperlukan untuk bekerja sebagai reseller, yang penting kamu punya tekad yang kuat untuk promosi produkmu. Kamu bisa menjual produk itu secara offline maupun online, bisa melalui toko online milikmu, marketplace, bahkan media sosial.

Referensi untuk belajar menjadi Reseller

Untuk belajar menjadi reseller, internet menyediakan informasi yang melimpah. Kamu dapat mencarinya di berbagai artikel maupun Youtube.
Jika kamu tertarik untuk belajar tentang reseller hosting, bisa dipelajari dari website Exabytes.

Tools yang Dibutuhkan

Kamu tidak membutuhkan alat khusus untuk menjadi reseller, beberapa supplier bahkan telah menyediakan materi promosi yang siap digunakan. Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone dan komputer/laptop untuk menawarkan produk di berbagai media.

Potensi Penghasilan

Setiap supplier menetapkan peraturan yang berbeda-beda dalam penentuan harga jual, ada yang membebaskan reseller menetapkan harga jual, namun ada juga supplier yang menetapkan harga jual tertingi. Dari informasi yang kami peroleh, kamu bisa mendapatkan keuntungan 10% hingga 30% dari setiap produk yang berhasil kamu jual.

6. Dropshipper

Beberapa tahun terakhir Dropship mulai banyak dikenal. Sampai saat ini masih ada yang menganggap dropship dan reseller itu sama, padahal keduanya berbeda. Jika reseller memiliki barang yang akan dijual, dropshipper tidak memiliki barang. Dropshipper hanya perlu mencari pembeli, setelah itu pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier. Dropshipper akan mendapatkan komisi atas penjualan yang telah terjadi.7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021

Untuk menjadi dropshipper, langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Mencari informasi supplier yang memiliki layanan dropship. Salah satu supplier yang memiliki layanan dropship yang dapat diandalkan adalah dropshipaja.com milik Rico Huang.
  • Daftar member dropshipper. Tidak semua layanan dropship gratis. Dropshipaja.com mengenakan biaya 99.000 rupiah per tahun.
  • Promosi barang menggunakan berbagai media, blog, marketplace, email, ataupun sosial media.
    Dapatkan komisi dari penjualan.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Hampir sama dengan reseller, kamu tidak membutuhkan keterampilan khusus untuk bisa menjadi dropshipper. Selama kamu bisa menggunakan media sosial dengan baik, maka peluang untuk menjual barang selalu terbuka lebar.

Layanan dropshipaja.com termasuk supplier yang care kepada para dropshippernya. Kamu akan mendapatkan materi dan mentoring selama tergabung sebagai member dropshipaja.com. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika saat ini kamu belum menguasai teknik promosi.

Referensi untuk belajar menjadi Dropshipper

Untuk mendapatkan materi tentang dropship langsung saja kunjungi website dropshipaja.com dan alona.co.id.

Tools yang Dibutuhkan

Kamu tidak membutuhkan alat mahal untuk berjualan dengan sistem dropship, cukup menggunakan smartphonemu karena biasanya materi untuk promosi telah disediakan oleh supplier.
Jika kamu ingin meningkatkan penjualanmu secara cepat, maka kamu bisa menggunakan Facebook ads, Instagram Ads, maupun Google Ads.

Potensi Penghasilan

Jika kamu berhasil mendapatkan pasarmu, maka penghasilan besar setiap bulan tidak mustahil akan kamu dapatkan. Sebagai gambaran, kamu dapat menjual softcase HP dari dropshipaja.com seharga 100.000 dengan modal 50.000. Luar biasa bukan? Kamu bisa memperoleh keuntungan 50.000 untuk setiap penjualan produk.

7. Toko Online

Meskipun saat ini marketplace di Indonesia cukup banyak, namun jualan barang di toko online milik sendiri dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada para pelanggan. Selain itu, jika kamu memiliki toko online sendiri brand kamu akan lebih kuat tertanam di benak pelanggan.

Exabytes pernah mengulas kelebihan dan kekurangan berjualan di marketplace vs toko online, beberapa keuntungan memiliki toko online sendiri antara lain:

  • Kamu memiliki kontrol penuh terhadap websitemu, kamu bisa membuat desain website sesuai keinginanmu, serta menambahkan fitur-fitur yang menurutmu penting.
  • Kamu memiliki nama domain yang akan diingat oleh para pelangganmu, maka kamu bisa melakukan promosi untuk menguatkan brandingmu.
  • Marketplace adalah pasar terbuka, pembeli akan membeli barang dengan harga termurah. Sedangkan jika kamu berjualan di toko online, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan kompetitor yang menurunkan harga jual untuk mendapatkan pelanggan.
  • Jika kamu memiliki toko online, kamu akan lebih mudah untuk melakukan “nurturing customer” atau memberikan ‘special treatment’ seperti mempermudah proses pembayaran, memberikan promo atau diskon spesial, dan ini akan mempermudah Kamu untuk menyenangkan hati pelanggan kamu dan mendapatkan lebih banyak lagi loyal customer.

Saat ini kamu bisa Membuat Website toko online dengan mudah, Exabytes memiliki solusi untuk membuat toko online yaitu menggunakan WooCommerce. Bahkan Exabytes memiliki paket khusus WooCommerce Hosting yang akan menjamin toko online kamu memiliki performa yang cepat dan stabil.7 Ide Peluang Usaha Online Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2021

Untuk membuat toko online menggunakan WooCommerce sangat mudah karena WooCommerce sendiri merupakan plugin yang diinstall di WordPress. Kamu bisa mengikuti tutorial membuat toko online menggunakan WooCommerce di blog Exabtyes.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Jika kamu telah berhasil membuat toko onlinemu dengan WooCommerce, selanjutnya kamu perlu menyiapkan materi berupa foto-foto produk yang akan dijual disana. Agar foto-foto yang ditampilkan ciamik, kamu perlu belajar fotografi khususnya tentang foto produk.

Kamu juga perlu mempelajari Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads untuk mempercepat penjualan karena tanpa iklan orang di luar sana tidak akan tahu kamu menjual produk-produk keren.

Referensi untuk belajar membuka Toko Online

Berikut artikel-artikel menarik yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuka toko online :

Tools yang Dibutuhkan

Untuk mengelola toko online, berikut alat-alat yang kamu perlukan :

  • Komputer/ Laptop untuk mengelola toko online
  • Smartphone/Kamera untuk mengambil foto produk.

Potensi Penghasilan

Keuntungan yang akan kamu peroleh berasal dari selisih harga jual dengan harga beli. Semakin besar omset penjualanmu, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Penutup

Setelah kamu memulai bisnis onlinemu, masalah tidak lantas selesai, justru sebaliknya kamu akan menghadapi banyak masalah seiring semakin berkembangnya bisnismu. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan segalanya sejak awal merintis usaha. Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan agar kamu siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

  1. Invest in Yourself. Banyak yang berpikir bahwa investasi harus berbentuk aset dan lupa bahwa salah satu investasi terbaik justru adalah investasi pada diri kita, yaitu melalui pendidikan dan pelatihan agar ilmu, wawasan, dan skill kita meningkat. Di era digital seperti saat ini, kita bisa mendapatkan informasi dari manapun dan dalam bentuk apapun. Internet adalah surganya ilmu.
  2. Networking dan Kolaborasi. Jika kamu telah memutuskan untuk memulai sebuah usaha online, kamu dapat bergabung ke dalam sebuah komunitas yang berkaitan dengan usahamu. Misal kamu memutuskan untuk menjadi seorang Blogger, tidak ada salahnya kamu bergabung dengan komunitas Blogger untuk menambahkan jaringan/network serta menambah ilmu.
  3. Buat Target yang Spesifik. Di awal merintis usaha, barangkali cukup berat apabila kita menargetkan omset. Tidak ada salahnya jika kita menargetkan output dari pekerjaan kita, misal jumlah post atau jumlah video.
  4. Komitmen dan Optimis. Dua hal ini harus senantiasa dijaga agar semangat kita tak kendur. Jika kita memiliki komitmen yang kuat disertai rasa optimis, kita tak akan mudah menyerah ketika kesulitan menghadang.
  5. Doa dan Sedekah. Sebagai manusia yang beragama, tentu kita meyakini bahwa doa dan sedekah dapat membukakan pintu rezeki dan memberikan keberkahan dalam kehidupan.

Sukses selalu yaa..

Leave a Reply