Cara Filter Penomoran yang Berlapis

Posted on

Berikut ini adalaha data struktur organisasi sebuah perusahaan. Nomor tersebut berlapis-lapis, pimpinan perusahaan disimbolkan dengan nomor 1 (1 digit), kemudian kepala cabang dibawahnya ditandai dengan 3 digit (1.01), manager ditandai dengan 5 digit (1.01.01), dan asisten manager memiliki kode 8 digit (1.01.01.001). Perusahaan itu memiliki 1000 cabang di seluruh Indonesia.

Seorang admin bernama Rahayu mendapatkan data dengan struktur seperti di atas tanpa ada keterangan jabatan. Oleh atasannya Rahayu diminta untuk mem-filter data layer 4 saja.

Untungnya Rahayu adalah admin paling kece se kantor. Filter data dan centang satu persatu akan memakan banyak waktu. Rahayu memilih menambahkan satu kolom bantu untuk memudahkan filter. Kolom bantu itu digunakan untuk menghitung jumlah karakter di kolom A. Seperti yang kita ketahui, Layer I memiliki jumlah digit paling sedikit dan Layer IV memiliki jumlah digit paling banyak.

Rahayu menggunakan fungsi LEN untuk menghitung jumlah karakter di suatu sel. Jadinya datanya menjadi seperti di bawah ini.

Nah kalau datanya sudah jadi seperti ini, Rahayu tinggal filter kolom B. Ketika diminta data layer IV tinggal filter yang jumlah karakternya 11.

Selamat mencoba..

Image Credit : rawpixel.com

Gravatar Image
Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply