Membuat Kalender 2013 dengan Excel

1
370
views

Kalender 2013 beserta Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Sebentar lagi sudah masuk awal pergantian tahun.. Kita akan memasuki tahun ke tahun 2013 dalam penanggalan masehi.. pupus sudah momok habisnya penanggalan di tahun 2012 yang diramalkan suku maya. Masih ada waktu untuk memperbaiki diri, masih banyak waktu untuk mempersiapkan bekal untuk kita pertanggungjawabkan amal perbuatan kita di dunia ini.

Walaupun di komputer sudah ada aplikasi kalender yang bisa dilihat di pojok kanan bawah, kita tetap memerlukan print out untuk membuat jadwal kegiatan atau liburan demi menyegarkan kembali jiwa dan raga kita bersama orang-orang yang spesial.

Tak sulit mendapatkan format Kalender 2013. Banyak sekali website yang menyediakan format kalender 2013 baik berupa picture dalam format .jpg maupun dokumen dalam format .pdf beserta dengan hari libur yang tersedia di tahun 2013. Kita sebagai pengguna jasa internet tinggal masukkan kata kunci “kalender 2013”, pilih salah satunya dan cetak di kertas selanjutnya tempel ke dinding atau pintu sebagai pengingat kalau besok kita masih harus berjibaku dengan kertas kerja dan laporan harian di kantor.

Kalender 2013 juga bisa didapatkan secara free/gratis karena memang sudah dianggarkan dari kantor/perusahaan tempat kita bekerja, atau dari rekanan tempat kita bekerja. Banyak yayasan sosial dan panitia pembangunan Masjid memanfaatkan momen pergantian tahun masehi ini dengan mencetak kalender 2013 dan membagikannya sebagai hadiah atas infaq pemberian atau malah menjual dan menggunakan hasil keuntungan sepenuhnya untuk infaq kegiatan sosial tertentu.

Selain cara-cara di atas, kita juga bisa membuat sendiri kalender yang kita perlukan di microsoft excell. Tentunya selain gratis, dengan membuat sendiri ada kepuasan batin yang tak ternilai bagi kita ketika memandang kalender buatan sendiri.

Ada satu aplikasi yang bagus untuk membuat kalender dengan bantuan Microsoft Excel, namanya XL Calendar. Ukuran Aplikasi ini hanya 948Kb, sangat ringan dan sangat mudah pengoperasiannya. Sobat bisa download gratis di situs aslinya di XL Calendar.

Dalam Aplikasi ini, ada 9 desain yang tersedia, pengguna dapat memilih model desain kalender yang disukai, selain dalam tampilan satu tahun, sobat juga bisa membuat kalender dalam tampilan dengan tanggal periode tertentu.

Kekurangan dari aplikasi ini, aplikasi ini masih menggunakan dasar penanggalan di negara Amerika. Tetapi cukup mudah mengedit keterangan di microsoft excelnya, tinggal menghapus dan menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama tahun 2013 yang telah ditetapkan di Indonesia. Selain itu untuk Backgroundnya, kita bisa menentukan sendiri dengan memasukkan gambar sesuai keinginan kita.

Selamat berkreasi.

1 COMMENT

Leave a Reply