Cara Membuat Nama Tabel di Excel

Sobat kantorkita udah pada tahu belum, apa sih gunanya nama tabel di program excel?

atau bagaimana cara merubah rumus vlookup dari :

=VLOOKUP(D2;$A$2:$B$7;2;FALSE) menjadi VLOOKUP(D2;hari;2;FALSE)

JIka kita menggunakan vlookup, rumus yang digunakan adalah : =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup]). Standar penggunaan rumus tersebut untuk table_array biasanya adalah dengan penggunaan simbol $$ untuk mengunci range area table yang kita pilih. Contoh :

cara membuat nama tabelperbedaan rumus-rumus vlookup di atas sangat jelas kan? Nah sekarang balik lagi, pertanyaannya adalah, gimana cara merubah format table_array dari $A$2:$A$7 menjadi “hari” supaya pekerjaan kita jadi lebih mudah dan menghemat waktu. Solusinya ya dengan membuat nama tabel.

Ada 2 cara membuat nama tabel di excel :

bikin name manager

Cara Pertama : klik Formulas > Name Manager >New

dari situ tinggal pilih deh, data mana yang akan dijadikan tabel misalnya tabel B2:C7 dan diberi nama sesuai dengan keinginan (misal : hari).

cara bokin nama tabel excel

Cara Kedua : Cara yang paling mudah. Seleksi/blok data mana yang mau diberi nama tabel (misal A2:B7), trus klik “name box” yang biasanya, posisinya di atas kolom A, ganti deh teksnya “A2”  jadi nama tabel misalnya “hari”, lalu tekan tombol Enter. Selesai, mudah kan.

dari kedua cara tersebut, cara kedualah yang paling sering saya pakai. Nah setelah ini, mudah2an sobat kantorkita bisa membuat nama tabel sendir yai, supaya rumus vlookupnya jadi lebih sederhana. Selamat mencoba!

Written by ikhwan badunk

Petualang, menjelajah muka bumi untuk cinta dan syurga.

Leave a Reply