Jadwal Pelajaran Anti Bentrok Menggunakan Ms. Excel

15
13604
views

Istri saya adalah seorang guru, suatu hari ia bercerita kalau jadwal mengajarnya bentrok dengan guru lain. Jadwal mengajar itu sudah beberapa kali diubah, dan tetap saja ada jadwal mengajar yang bentrok. Akhirnya saya iseng-iseng buatkan format sederhana menggunakan Microsoft Excel. Sebenarnya membuat jadwal pelajaran anti bentrok di excel sangat mudah, fungsi yang akan kita gunakan adalah conditional formating. Kita akan membuat indikator cell berubah menjadi warna merah jika seorang guru mengajar pada jam yang sama pada 2 atau lebih kelas yang berbeda. Jadi jadwal pelajaran ini berguna untuk bagian kurikulum yang bertugas menyusun jadwal mengajar guru di sekolah.

Membuat Jadwal Pelajaran Anti Bentrok

Gambar di atas adalah penampakan apabila terjadi jadwal bentrok. Baiklah mulai praktik saja:

1. Buat tabel seperti penampakan di atas, column untuk kelas, dan row untuk hari dan jam pelajaran. Yang penting disini, untuk memudahkan praktik, kolom untuk jadwal pelajaran dimulai dari cell D10 atau kelas X IPA 1 Senin Jam 1. Jumlah kolom ke kanan dan row ke bawah bisa disesuaikan dengan keperluan.

2. Blok cell D10 ke kanan sampai dengan kelas terakhir.

3. Klik Conditional Formating pada menu Home. Pilih New Rule > Format Only Unique or Duplicate Values.

Menggunakan Conditional Formating

4. Klik tombol Format untuk mengatur warna cell, ukuran font, warna font, dan border. Untuk contoh, saya beri warna merah untuk fill nya.

5. Blok lagi cell D10 ke kanan sampai dengan kelas terakhir lalu tekan Ctrl+C atau copy. Lalu paste pada cell D11 ke bawah sampai hari terakhir dan jam terakhir (Hari Sabtu jam ke-8). Langkah ini untuk meng-copy Conditional Formating secara cepat daripada mengatur Conditional Formating satu per satu.

6.  Langkah selanjutnya adalah membuat kode guru, misalnya Hasan kodenya 1A, jika Hasan mengajar 2 mata pelajaran bisa menggunakan kode 1A dan 1B. Pengodean ini penting agar kita tidak perlu menulis terlalu panjang di kolom yang sempit.

Pada tulisan ini saya lampirkan file yang sudah jadi yaitu sudah saya lengkapi dengan menu setting dan print untuk tiap kelas.

Tip Menyusun Jadwal Mengajar / Pelajaran

Sebelum menyusun jadwal pelajaran ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Lakukan komunikasi dan diskusi dengan para guru untuk mendapatkan masukan dan ide.

2. Siapkan data mengenai libur kelas guru dan waktu mengajar yang disanggupi, misalnya ada guru yang mengajar pada 2 sekolah, jangan sampai jadwal mengajarnya berbenturan dengan sekolah yang satunya.

3. Taruh mata pelajaran yang menurut siswa berat di pagi hari agar kondisi fisik dan konsentrasi siswa masih fresh untuk menerima pelajaran yang berat.

4. Kombinasi yang cantik. Maksud saya disini adalah jangan sampai dalam satu hari siswa mendapat pelajaran yang berat-berat, dan di hari yang lain pelajarannya ringan semua. Akibatnya ada beberapa pelajaran yang berat tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa karena capai. Oleh karena itu buatlah jadwal dengan kombinasi yang bagus agar semua pelajaran dapat diterima dengan optimal, misalnya jam 1-2 kategori pelajaran berat, 3-4 yang ringan, 5-6 berat, 7-8 berat.

Inilah tips dalam menyusun jadwal pelajaran.

Untuk mendownload file excel jadwal pelajaran anti bentrok klik link berikut :

Jadwal Pelajaran Anti Bentrok.xlsx

15 COMMENTS

  1. sangat bermanfaat, tetapi bagaimana cara menggunakannya Pak?mohon di beri langkah-langkah mulai dari awal sampai akhir

Leave a Reply