9 Tips Memulai Toko Online

9 Tips Memulai Toko Online

Posted on

9 Tips Memulai Toko OnlineEvery body can make an online store. Percayalah, saat ini semua orang bisa membuat toko online. Kalau tidak ada dana untuk menyewa programer, ya pakai saja blog gratisan seperti wordpress atau blogger. Kalau tidak punya blog bisa juga memanfaatkan online market gratisan seperti dinomarket atau tokobagus.com. Jadi tidak ada alasan lagi bahwa membuat toko online itu mahal dan sulit. Bayangkan saja mudahnya posting di blog pribadi, bedanya yang Anda posting adalah gambar produk yang Anda tawarkan, dan tulisannya berisi deskripsi produk tersebut.

Saya ingin memberikan tips sederhana untuk teman-teman yang baru membuat toko online atau berencana membuat toko online. Tips saya sederhana-sederhana saja, yang penting mudah di aplikasikan. Betul?

1. Berdoa dan Sedekah

Jujur saja saya adalah penggemar Mario Teguh dan Ippho Right Santoso. Kalau Mario Teguh nasihatnya adalah berdoa sebelum memulai segala sesuatu, kalau mas Ippho nasihatnya sedekah di muka. Saya pun meyakini bahwa doa dan sedekah di muka akan menjadi pembuka jalan dan pembuka rejeki bagi usaha yang akan kita jalankan.

2. Fokus pada Produk Tertentu

Kawan, sebagai pemain baru, jangan buru-buru menjual macam-macam barang dulu, jadi kalau fokusnya handphone ya handphone dan aksesorisnya. Coba fokus pada satu jenis produk untuk branding. Akan terasa janggal kita setengah mati membangun brand toko online “pusat aksesoris handphone”, tapi hampir separo dagangan kita adalah pakaian. Namun jika sejak awal kita sudah memproklamasikan bahwa toko online kita adalah toko serba ada, ya sah-sah saja.

3. Kerjasama

Kalau Anda ingin menjual produk-produk yang hubungannya dengan komputer, coba datangi toko komputer kenalan Anda. Sampaikan dengan baik-baik keinginan Anda untuk kerjasama. Jadi pada tahap awal ini Anda tidak perlu kulakan barang dagangan, tapi cukup membeli barang yang dipesan oleh pembeli Anda, pack sebaik mungkin, kirim secepat mungkin. Selamat Anda sudah berhasil menjual barang.

4. Pilih nama toko yang baik dan mudah diingat

Manurut saya, nama bisa menjadi senjata ampuh untuk bisnis online, nama yang unik dan mudah diingat diimbangi dengan branding yang kuat akan membuat usaha kita maju pesat. Pemasaran itu kan menanamkan suatu nama di benak konsumen. Mari kita lihat Bhinneka.com, jika ditanya toko online yang menjual peralatan komputer? Ya Bhinneka.com.

5. Mulai buat toko online

Jika Anda belum mempunyai kemampuan finansial untuk membangun toko online yang bagus, misalnya untuk membeli domain, menyewa hosting, dan membeli desain CMS yang bagus bolehlah Anda memanfaatkan blog gratisan seperti wordpress dan blogger. Ada banyak theme atau template yang bentuknya gallery yang bisa di download gratis. Kenapa model gallery? Ya agar tampilan blog Anda seperti toko online profesional yang halamannya berisi thumbnail-thumbnail dan nama produk yang dijual.

6. Quick Respon

Meskipun judulnya toko online, sebenarnya prosedur pembelian barang tidak harus melalui tombol “BELI” dan “CHECKOUT”. Banyak toko online yang masih memanfaatkan email, SMS, dan BBM untuk prosedur pembelian barang. Apapun metodenya, yang perlu menjadi perhatian adalah “Quick Respon”. Berilah balasan secepatnya kepada calon pembeli, meskipun calon pembeli hanya sekedar tanya-tanya. Jika ada pembeli yang sudah mengirim email, SMS, atau BBM yang isinya pesan barang, segera balas. Sampaikan pesanan sudah diterima, janjikan sebentar lagi akan mengabari tentang ketersediaan barang dan biaya kirim, dan tanyakan juga barangkali ada barang lain yang mau dibeli.

Bagaimana jika pesan tidak segera dibalas? Ya pasti lari ke toko sebelah. Saya pernah pernah punya pengalaman membeli barang di sebuah toko online, saya sudah klik “BELI” sampai dengan “CHECKOUT”, namun saya tunggu beberapa jam tidak juga ada balasan. Lalu saya kirim email, tidak juga dibalas. Akhirnya saya membeli barang di toko lainnya, karena saya pikir toko yang pertama tadi sudah tidak aktif.

7. Siapkan Mobile Banking dan Internet Banking

Ketika Anda menerima konfirmasi transfer dari pembeli, jangan kelamaan mengecek apakah transfer tesebut sudah masuk atau belum. Apalagi jika ada pembeli di hari sabtu, lalu Anda masih menggunakan cara konvensional untuk mengecek transfer tersebut dengan cara nge-print buku tabungan yang baru bisa dilakukan di hari Senin. Maka siap-siap saja dicaci maki pembeli. Hentikan cara konvensional, manfaatkan mobile banking dan internet banking. Ada bank-bank tertentu yang bisa memberikan SMS notifikasi jika ada transfer masuk. Manfaatkan itu agar pembeli mendapatkan pelayanan yang cepat dan meyakinkan.

8. Yakinkan Pembeli Baru dengan Testimoni

Bagaimana sih meyakinkan calon pembeli baru bahwa toko Anda bisa dipercaya? Cara yang paling mudah adalah dengan menampilkan testimoni di toko online Anda. Jadi kalau ada pembeli yang mengirim SMS seperti ini, “Gan, kiriman sudah sampai dengan selamat, bungkusannya rapi jali, sukses selalu ya gan”. Balaslah SMS seperti ini dengan mengucapkan terima kasih telah berbelanja di toko Anda, sampaikan juga permintaan untuk membuat testimoni di toko online Anda. Pokoknya berilah pelayanan terbaik agar testimoni yang muncul baik, karena kalau ada satu saja testimoni yang mengatakan bahwa pelayanan toko anda mengecewakan, siap-siap saja gulung tikar.

9. Promosi online dengan social media

Hari gini masih pusing masalah promosi? Ada facebook, twitter, linked in, dsb yang bisa kita gunakan untuk promosi. Mulai dari teman-teman dekat, teman-teman dekat menyebarkan ke teman-teman mereka. Jangan buru langsung ingin dikenal di seluruh Indonesia, biarkan proses berjalan, sambil Anda belajar, sambil Anda riset pasar, sambil Anda membangun relasi, sambil Anda memperbaiki kekurangan. Dan pada saatnya nanti bisnis Anda menjadi besar, Anda sudah siap. Gak kebayang kan pusingnya jika usaha Anda mendadak besar, misalnya baru buka toko seminggu tahu-tahu ada 1000 pesanan barang, karena Anda tidak siap akhirnya Anda hanya menjawab stok kosong. Dan 1000 calon pembeli itu tidak pernah kembali lagi.

Demikian tips-tips memulai toko online, sekali lagi tips ini untuk pemula karena biasanya toko online besar biasanya telah dikelola secara profesional dan memiliki SOP yang jelas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply