s.id URL Shortener Asli Indonesia

s.id URL Shortener Asli Indonesia

s.id URL Shortener Asli Indonesia — Kita tentu sudah tidak asing dengan bit.ly ataupun tinyurl.com. Aplikasi pemendek URL itu sangat sering digunakan terutama ketika membagikan link Google Form yang defaultnya memiliki URL cukup panjang. Tapi tahukan Anda bahwa Indonesia tidak kalah keren, kita punya s.id. Tak berlebihan kiranya ketika s.id memiliki slogan World’s shortest URL shortener karena hanya terdiri dari 3 huruf. Bandingkan dengan dengan bit.ly yang terdiri dari 5 huruf, s.id jelas lebih pendek.

Pandi, Pengelola Domain Indonesia meluncurkan layanan penyingkat alamat situs (URL) dengan nama s.id (s dot id) pada tahun 2014 yang dilengkapi dengan 3 fitur unggulan, yaitu:

  1. Manajemen Tautan – Anda dapat membuat nama tautan sesuai keinginan selama masih tersedia sehingga alamat Anda mudah diingat. Agar dapat mengubah tautan, Anda harus daftar dan login ke s.id. Jika Anda malas mengingat user dan password, Anda bisa login menggunakan akun Google atau akun u.id. Keuntungan lain jika Anda login adalah setiap tautan yang telah Anda buat akan tersimpan di dalam akun Anda.
  2. Statistik – s.id dilengkapi dengan statistik yang dapat menampilkan kunjungan website melalui tautan pendek yang dibuat menggunakan s.id. Dengan adanya fitur statistik Anda dapat melakukan analisa terhadap kampanye bisnis.
  3. Kemudahan mobilitas – s.id dapat diakses menggunakan smartphone dan tetap ringan meski diakses hingga jutaan pengunjung.

Cara Membuat Tautan/Link di s.id

  1. Buka alamat website s.id dan Anda akan secara otomatis diarahkan ke alamat home.s.id
  2. Tentukan pilihan Anda akan menggunakan tautan acak yang diberikan oleh s.id (misal s.id/hghda), atau Anda akan memilih tautan Anda sendiri. Apabila Anda menggunakan s.id untuk keperluan bisnis, saya menyarankan Anda untuk membuat tautan yang mudah diingat.
  3. Apabila Anda belum terdaftar, Anda bisa klik tombol Mendaftar di pojok kanan atas. Untuk mempercepat proses, kami sarankan login dengan Google.
  4. Buka tab baru, buka URL yang akan dipendekkan dan Copy URL tersebut, misalnya link Google Form.
  5. Kembali ke s.id, lanjut paste link yang telah dicopy ke kolom Tautan Saya. Anda akan diberikan kode acak untuk tautan yang telah Anda buat.Memendekkan Link dengan s.id
  6. Jika Anda ingin membuat tautan sesuai keinginan, klik Ganti.
  7. Setelah tautan s.id Anda bagikan, Anda dapat melihat statistik melalui menu statistik seperti gambar di atas.

Selamat mencoba..

Leave a Reply