Tips Agar Tidak Malas Minum Air Putih Saat Di Ruang AC

0
272
views

Tips Agar Tidak Malas Minum Air Putih Saat Di Ruang AC

Saat ini hampir seluruh gedung kantor memasang Air Conditioner (AC) di setiap ruangan. Hal ini tentu saja demi produktifitas para pegawai dan konsumennya. Bayangkan saja betapa panasnya bekerja di ruang tanpa AC, tentu Anda tak akan betah bekerja 8 jam di ruang seperti itu. Bagaimana jika itu terjadi di tempat perbelanjaan? Wah tempat belanja yang panas tanpa AC pasti akan ditinggalkan pengunjung.

Namun tahukah Anda bahwa ketika kita bekerja di ruang ber-AC harus banyak minum air putih? Saat berada di dalam ruang ber-AC, kita biasanya tidak merasa haus, padahal sebenarnya AC menyebabkan pendinginan dengan proses penguapan, dimana hal tersebut dapat mengeringkan selaput lendir di mulut dan juga hidung. Hidung, tenggorokan, dan sinus bergantung pada kelembaban dalam membran yang berguna untuk melindungi kekebalan tubuh. Saat lembab, sel-sel kekebalan dapat menarik bakteri, virus, serta alergen ke dalam perangkap yang berfungsi sebagai dinding pertahanan pertama tubuh terhadap patogen.

Selain itu, jika kita kurang minum akan menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit manusia mempunyai kemampuan untuk meremajakan diri yang berlangsung setiap 15 hingga 28 hari. Regenerasi sel tersebut kebanyakan terjadi di bagian kulit yang disebut dermis atau kulit bagian dalam. Di dalam lapisan dermis, terdapat kelenjar minyak, urat saraf, kapiler, melanin, dan kelenjar keringat yang mengatur suhu tubuh. Untuk melindungi komponen-komponen tersebut, dermis tersusun dari unsur lemak, kolagen, dan air.

Keadaan dermis bisa dilihat dari kondisi lapisan-lapisan di atasnya, mesodermis dan epidermis. Jika lapisan terluar kulit (epidermis) terlihat kering, itu pertanda bahwa kandungan air dalam dermis juga berkurang. Artinya, kulit kita mengalami dehidrasi sehingga mengalami kulit kering (xeroxis) dan proses untuk regenerasi sel pun menjadi terhambat.

Oleh karena itu, saat di dalam ruang ber-AC kita dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Tips Agar Tidak Malas Minum Air Putih Saat Di Ruang AC

Tips Agar Tidak Malas Minum Air Putih Saat Di Ruang AC

Sebenarnya ini masalah niat dan tekad, namun tidak ada salahnya juga jika kita menerapkan tips sederhana ini agar tidak malas minum air putih. Caranya sediakan satu botol air berukuran 2 liter. Agar lebih semangat, pilih botol dengan bentuk dan warna yang Anda sukai. Botol ini bisa Anda dapatkan di toko perabot rumah tangga. Pada pagi hari penuhi botol tersebut dan taruh di atas meja Anda. Buat komitmen dengan diri Anda sendiri bahwa sebelum pulang kerja air di dalam botol tersebut harus habis, kalau kurang boleh nambah. Jadi selama di dalam ruangan Anda punya target minum air putih sebanyak 2 liter. Jika cara sederhana ini Anda terapkankan, Insyaallah Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply