10 Penyebab Komputer Hang

10 Penyebab Komputer Hang

Posted on

10 Penyebab Komputer Hang

Berapa komputer yang ada di kantor Anda? 10, 20, atau malah ada 100 unit komputer yang ada di kantor Anda? Dalam satu bulan berapa komputer yang dilaporkan mengalami hang atau crash? Jika Anda pengguna Microsoft Windows, sebenarnya hang bukan hal aneh karena memang Windows itu butuh perawatan ekstra agar tetap lancar dan kencang. Pada tulisan saya sebelumnya, saya menulis tentang tips agar komputer tetap fit. Nah, kali ini saya akan sharing 10 hal yang menyebabkan komputer hang atau crash. Tanda-tanda komputer hang antara lain bunyi tiiiittt lama dan tidak bisa booting, blue screen, dan ketika sedang mengoperasikan software tiba-tiba layar berhenti. Mari kita bahas satu per satu penyebab komputer menjadi hang..

1. Memory atau Motherboard rusak.

Pernahkan Anda mengalami Blue Screen of Death (BSOD)? Pokoknya tahu-tahu layar menjadi biru dan ada tulisan Fatal Exception Error yang artinya data yang tersimpan di memory tidak bisa dibaca. Anda bisa mengecek memory menggunakan Memtest86 atau aplikasi bawaan dari motherboard untuk mengecek memory. Silakan baca manual book motherboard Anda. Jika RAM atau motherboard Anda rusak, mau tidak mau Anda harus membeli baru.

2. Setting BIOS

BIOS terdiri berbagai setting dasar yang berhubungan dengan hardware. Secara default, setting BIOS biasanya sudah disesuaikan dengan hardware yang terpasang. Terkadang kita merubah setting BIOS agar sesuai dengan keinginan kita, misalnya boot order. Nah, pada waktu kita lepas battery CMOS, maka setting BIOS kembali menjadi default padahal order booting sudah berubah. Oleh karena itu cek terlebih dahulu apakah order boot tersebut urutanya CD ROM dulu, atau HDD dulu, atau malah ke Removable.

3. Registry Corrupt

Jika Anda orang yang hobi install-uninstall software atau merubah setting Windows melalui Regedit, berhati-hatilah karena registry yang korup dapat menimbulkan masalah. Anda bisa menggunakan berbagai software untuk memperbaiki registry.

4. Driver yang Tidak Cocok atau Corrupt

Driver adalah penghubung hardware dengan Windows. Ketika driver yang diinstall tidak sesuai dengan hardware yang terpasang, maka akan menyebabkan crash atau hang. Selain itu, bisa pula driver yang corrupt menyebabkan komputer Anda menjadi hang. Solusinya adalah uninstall driver tersebut, lalu install kembali atau jika update driver Anda.

5. Hardisk Bermasalah

Hardisk yang telah berumur memiliki resiko rusak yang lebih besar. Kerusakan paling fatal tentu saja adalah bad sector. Untuk menjaga agar hardisk tetap prima, gunakan tools bawaan Windows untuk membersihkan hardisk (disk clean up) dan defragment dengan disk defragment. Selain itu, gunakan UPS agar komputer terhindar dari mati mendadak saat mati listrik.

6. Konflik Hardware

Windows dapat mengalami crash jika menerima informasi yang konflik dari beberapa hardware yang terpasang pada komputer. Anda dapat melihat hardware yang konflik melalui Device Manager, hardware yang konflik akan ditandai dengan tanda seru dengan background warna kuning.

7. Virus atau Trojan

Virus atau Trojan dapat menyebabkan kerusakan serius pada komputer Anda. Banyak hal yang bisa dilakukan virus untuk merusak komputer Anda, misalnya membuat registry corrupt, menghapus driver, menghapus file penting yang dibutuhkan Windows, atau mengubah setting pada administrative setting. Untuk itu gunakan program antivirus dan internet security yang handal dan up to date karena percuma membayar antivirus mahal tapi tidak pernah diupdate.

8. Listrik

Dalam beberapa kasus, listrik menjadi penyebab komputer crash karena hardware tidak dapat bekerja secara maksimal karena listrik yang tidak sesuai. Tegangan listrik yang tidak stabil dapat pula menyebabkan kerusakan hardware jika berlangsung dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu gunakan UPS atau stabilisator voltase agar tegangan listrik lebih stabil.

9. Software

Kebanyakan software jarang menyebabkan terjadinya crash pada Windows, namun terkadang yang menyebabkan crash adalah banyak program yang dijalankan secara otomatis pada saat start. Oleh karena itu perlu disetting agar tidak berjalan secara otomatis pada saat windows start. Anda bisa merubah setting tersebut melalui msconfig.

10. Overheat

Komponen di dalam komputer adalah komponen yang sensitif terhadap panas, oleh karena itu harus dijaga pada suhu tertentu agar bekerja optimal. Overheat atau panas berlebihan dapat menyebabkan komputer hang. Penyebab komputer overheat bisa jadi berasal dari kipas pendingin yang kurang optimal.

Demikianlah 10 penyebab komputer hang atau crash, semoga bermanfaat..

Leave a Reply