Tips Hemat Space Self Hosting

Tips Hemat Space Self Hosting

Posted on

Tips Hemat Space Self Hosting

Seorang blogger pemula seperti saya biasanya menggunakan blog gratisan seperti wordpress, blogger, atau tumblr. Namun ada juga yang saking pinginnya menggunakan domain .com, .net, dsb akhirnya ada juga yang memilih membeli domain dan hosting sendiri (self hosting). Selain itu domain .id, seperti web.id, co.id, or.id, dsb belum bisa dikombinasikan dengan wordpress atau blogspot. Mau tidak mau harus beli self hosting agar ngeblog tetep jalan. Agar hemat, dipilihlah paket yang 500 MB. Bro, 500 mega itu kecil lho.. tanpa terasa saking asyiknya posting ini itu, gambar ini itu, macem macem diposting, tahu-tahu sudah 300 MB, padahal ini blog pribadi dan bukan blog buat cari uang.
Nah, agar mas bro tidak sampai kehabisan space hostingan, ada beberapa tips jitu untuk menghemat space.
1. Hapus Theme yang Tidak Dipakai
Biasanya awal-awal ngeblog tuh kita sering install theme buat coba-coba. Setelah nemu yang cocok, sebaiknya hapus theme yang tidak dipakai.
2. Hapus Plugin yang Tidak Dipakai
Waini juga penyakitnya blogger, sering coba-coba plugin. Mulai dari plugin tweeter, facebook like, komentar, related post, sampai SEO. Kalau ada plugin yang tidak terpakai, lebih baik langsung dihapus saja.
3. Resize dan Compress Foto
Sebuah post rasanya tidak lengkap tanpa foto, nah agar hemat space ada baiknya foto di resize sesuai ukuran yang dibutuhkan, jadi misalnya ukuran yang dibutuhkan 500 px ya diresize menjadi 500 px saja. Setelah itu jangan lupa dicompress agar ukurannya menjadi lebih kecil, konsekuensinya kualitas foto sedikit menurun.
4. Taruh File Foto, Video, dan Pdf di Hosting Lain
Kalau ingin lebih hemat lagi, bisa juga ile foto disimpan di tempat lain, misalnya menggunakan picasa atau flickr. Sedangkan untuk video bisa menggunakan youtube. Nah untuk pdf bisa menggunakan google docs atau slideshare.

Itulah 4 cara untuk menghemat space atau kapasitas self hosting kita.

Semoga bermanfaat..

Image : 100webhosting.com

3 thoughts on “Tips Hemat Space Self Hosting

  1. bener gan Bisa di simpan di FLickr kalo images, cuma gbsa hotlink lsg. konsekuensinya tdk bisa buat jdi atrribute langsung og:image nya facebook

Leave a Reply