Cara Cepat Mengubah Huruf Kapital di Excel

0
754
views

Pada suatu ketika saya sedang mengompilasi data pegawai dari seluruh kantor cabang. Format kolom sudah sama, font dan ukuran font juga sudah sama, tapi ternyata ada beberapa kantor yang mengisi form dengan huruf kapital semua. Padahal itu bukan format yang saya kehendaki. Penggunaan huruf kapital itu harus cermat, gunakan sesuai kebutuhan. Saya sendiri bukan orang yang suka menggunakan huruf kapital dalam tabel, lebih manis kalau huruf kapital hanya huruf pertama saja.

Microsoft Excel menyediakan fungsi yang powerful untuk modifikasi format teks, salah satunya untuk mengubah huruf kapital. Misalnya untuk mengubah satu sel menjadi huruf kapital semua, kita bisa menggunakan fungsi UPPER, untuk mengubah menjadi huruf kecil semua menggunakan fungsi LOWER, sedangkan untuk mengubah huruf pertama dari setiap kata menjadi kapital menggunakan fungsi PROPER.

FUNGSI LOWER

Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah huruf yang awal kapital semua atau gabungan huruf kapital dan huruf kecil menjadi huruf kecil semua. Misalnya KANTOR KITA menjadi kantor kita.

Fungsi Lower Mengubah Huruf Kapital di Excel

FUNGSI UPPER

Fungsi UPPER digunakan untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital semua, misalnya kantor kita menjadi KANTOR KITA.

Fungsi Upper menggubah huruf menjadi kapital

FUNGSI PROPER

Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah huruf pertama dalam setiap kata menjadi huruf kapital, misalnya KANTOR kita menjadi Kantor Kita.

Fungsi Proper mengubah huruf kapital di awal kata

FUNGSI REPLACE

Sedangkan untuk mengubah huruf kapital di awal kalimat sampai saat ini saya belum menemukan fungsinya, sehingga saya menggunakan fungsi REPLACE untuk mengubah huruf kapital pertama pada awal kalimat.

=REPLACE(A1;1;1;UPPER(LEFT(A1;1)))

Replace

Demikianlah tutorial singkat mengatur format font pada

Leave a Reply