Empat Cara Bijak Mengatur Uang THR

Empat Cara Bijak Mengatur Uang THR

Tidak terasa kurang dari dua minggu lagi umat muslim di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia akan merayakan hari Raya Idul Fitri atau yang biasa dikenal dengan Lebaran. Banyak hal yang akan dilakukan di hari raya tersebut. Hal tersebut berarti akan banyak juga uang yang akan dikeluarkan diantaranya digunakan untuk membeli pakaian lebaran, kue lebaran ataupun berbagi sedikit rejeki dengan orang-orang disekitar kamu .

Pada dasarnya uang yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut berasal dari uang THR (Tunjangan Hari Raya). Hal tersebut dikarenakan uang yang kamu dapatkan dari THR akan berjumlah satu bulan gaji jika kamu sudah bekerja selama satu tahun. Namun, bagi kamu yang bekerja belum sampai dengan satu tahun, kamu akan tetap mendapatkan THR namun dengan jumlah prorata. Untuk menghindari pemborosan kamu harus mengetahui beberapa cara bijak mengatur uang THR di bawah ini. Check this out!

1. Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah langsung mengalokasikan uang THR kamu sebanyak 10-20% kedalam tabungan ketika kamu menerima uang THR. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sebuah pemborosan. Pada dasarnya ketika seseorang menerima uang lebih dari biasanya dikhawatirkan akan tergoda menggunakannya untuk keperluan yang lain.

2. Cara kedua kamu dapat mengalokasikan maksimal 20% uang THR kamu untuk membeli keperluan hari raya seperti membeli pakaian baru, perlengkapan ibadah serta membayar zakat. Jika kamu ingin membeli pakaian Jika kamu ingin membeli pakaian baru,disarankan untuk membelinya sejauh mungkin sebelum Lebaran untuk menghindari melonjaknya harga yang tinggi serta antrian yang panjang di pusat perbelanjaan.

3. Cara ketiga sisahkan 15% dari uang THR untuk membayar hutang. Hal tersebut dikarenakan jika kamu masih memiliki hutang itu akan membuat sulit untuk menabung. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu memiliki uang THR kamu menyelesaikan hutangmu dahulu.

4. Cara keempat yang dapat kamu lakukan mengalokasikan sisa dari uang THR kamu sekitar 45% untuk pembagian THR bagi pekerja dirumah ataupun angpao lebaran untuk keluarga kamu. Sebaiknya, pada saat menerima kamu THR, kamu langsung memasukkan ke dalam beberapa amplop terpisah. Hal tersebut bertujuan agar uang yang sudah kamu sisihkan sebelumnya tidak tercampur untuk kebutuhan lainnya.

Post ini adalah sebuah guest post dari Saskia Nikita Sibo (@nikitasasa)

Sumber: Halomoney.co.id

Gambar : liputan6.com

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply