Cara Mengganti Warna Teks dan Background Command Prompt Windows 10

Cara Mengganti Warna Font dan Background Command Prompt Windows 10Command Prompt (SMD) di Windows identik dengan background hitam dan tulisan putih sehingga seolah-olah CMD adalah program yang serem, yang hanya seorang programmer saja yang mampu mengoperasikannya. Padahal sebenarnya CMD tidak seseram itu, banyak kok perintah-perintah di command prompt yang bisa digunakan pada pemakaian sehari-hari, misalnya ping google.com buat ngetes koneksi internet.

Ya kalaupun Anda tetap menganggap CMD sesuatu yang menyeramkan, mari kita buat CMD menjadi lebih cerah biar gak serem. Caranya gimana? Kita akan mengganti warna background dan font menjadi lebih ceria.

CARA MENGGANTI WARNA TEKS DAN BACKGROUND COMMAND PROMPT (CMD)

Untuk mengganti warna font dan background Command Prompt caranya sangat mudah, yaitu melalui properties. Klik kanan pada header bagian atas CMD, lalu klik Properties.

Cara Mengganti Warna Font dan Background Command Prompt Windows 10

Klik pada tab Colors untuk menemukan pengaturan warna untuk screen text, screen background, popup text, dan popup backgroud.

Pertama-tama kita akan mengubah warna font, klik pada screen text dan pilih warna yang Anda sukai. Pada contoh ini saya memilih warna biru.

Cara Mengganti Warna Font dan Background Command Prompt Windows 10

Selanjutnya kita akan mengganti warna background alias warna latar belakang agar gak serem. Langkahnya sama, melalui Properties > Colors. Klik pada Screen Background dan tinggal pilih warna yang Anda sukai. Saya memilih warna putih.

Cara Mengganti Warna Font dan Background Command Prompt Windows 10

Setelah dilakukan pengaturan warna teks dan backgroud CMD, hasilnya adalah seperti di bawah ini. Teks warna biru dan background putih.

Cara Mengganti Warna Font dan Background Command Prompt Windows 10 4

Selamat mencoba..

Leave a Reply