Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software

Jika Anda orang yang sering lupa mematikan komputer di kantor, maka tips membuat auto shut down di Windows 7 tanpa software ini wajib Anda lakukan. Kalau Anda lupa mematikan komputer, ada 3 akibat buruk yang dapat terjadi, yaitu biaya pemakaian listrik menjadi lebih besar, masa pakai hardware menjadi lebih singkat karena bagaimanapun juga yang namanya hardware selalu terkait dengan masa pemakaian, dan yang terakhir jika teman satu ruangan Anda iseng, data Anda dihapus, login facebook pakai akun Anda, atau membaca email-email rahasia Anda di email client.

Jadi agar kejadian di atas tidak terjadi pada Anda, sebaiknya Anda membuat komputer Anda otomatis shut down setelah jam kerja berakhir. Misalnya jam kerja selesai jam 17.00, komputer Anda otomatis akan mati jam 17.30. Ada jeda waktu 30 menit agar Anda memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai jam 17.00.

Yuk, langsung capcus membuat Windows 7 auto shut down, tidak perlu software tambahan karena kita akan memanfaatkan task schedule di Windows 7.

1. Pertama klik Start menu > Control Panel > Administrative Tools > Task Scheduler.

2. Pada Action menu di sebelah kanan Task Scheduler, klik “Create Basic Task…

Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software

3. Pada “Create Basic Task Wizard” windows, tulis nama Task dan Deskripsinya. Misalnya nama Shut Down, deskripsi Otomatis shut down pukul 17.30. Lalu klik Next.

Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software 2

4. Pada Task Trigger, pilih daily, pada jam isi dengan 05:30:00 PM, recur every 1 days. Klik next.

Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software

5. Pada Action, pilih “Start a program” dan klik “Next.”

Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software

6. Selanjutnya pada settingan Start a Program, isikan C:\Windows\System32\shutdown.exe pada “Program/script” field. Jangan lupa isikan /s pada Add arguments. Klik Next.

Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software

7. Langkah terakhir adalah dialog konfirmasi mengenai setting task schedule yang Anda buat, jika sudah sesuai keinginan Anda klik “Finish.”

Membuat Auto Shut Down di Windows 7 Tanpa Software 7

Selamat mencoba..

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan