Tips Merawat Laptop Agar Awet

Tips Merawat Laptop Agar Awet

Posted on

Tips Merawat Laptop Agar AwetLaptop saat ini bisa dikatakan lebih populer daripada komputer desktop atau PC. Laptop disukai karena kepraktisannya, tidak membutuhkan banyak tempat, mudak disimpan, hemat listrik, dan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga tidak mengherankan jika laptop digunakan oleh anak sekolah sampai dengan para pekerja kantoran.
Dibalik segala kemudahan dan kepraktisan sebuah laptop, ada hal-hal yang harus kita lakukan untuk merawat laptop agar awet dan tetap bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas kita. Kalau itu tidak kita lakukan siap-siap saja kita akan dibuat repot oleh laptop kesayangan kita. Laptop itu kalau ada hardware yang rusak lebih susah memperbaikinya daripada PC lho..
Kami akan menguraikan satu persatu cara merawat laptop akan laptop kesayangan kita tetap fit.
1. Bersihkan laptop secara rutin
Laptop yang sering digunakan akan terkena debu yang menempel di layar dan keyboard. Jika tidak sering dibersihkan maka akan menyebabkan layar tampak kusam. Untuk membersihkan laptop bisa menggunakan cairan LCD cleaner yang bisa dibeli di toko komputer.
Selain LCD dan keyboard, kisi-kisi di samping dan di bawah laptop juga harus dibersihkan agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar. Laptop memiliki ruang yang terbatas dan biasanya hanya didukung oleh satu buah kipas untuk mendinginkan prosesor sekaligus mengeluarkan suhu panas di dalam casing. Oleh karena itu kisi-kisi pada casing laptop jangan sampai tersumbat agar laptop tidak overheat.

2. Jangan mencharge batrei laptop berlebihan (overcharge)
Banyak pengguna laptop yang lupa mencabut charger saat batrei sudah penuh, akibatnya batrei laptop menjadi cepat ngedrop atau rusak. Jika memang akan digunakan dalam waktu lama, sebaiknya batrei laptop dilepas agar batrei awet.

3. Jangan meletakkan apapun di antara layar dan keyboard
Kelihatannya yang kita taruh di atas keyboard laptop hanya beberapa lembar kertas, dan karena sudah terburu-buru asal saja kita tutup layar laptop… praakkk.. ternyata di dalam tumpukan kertas tadi nyelip satu batang ballpoint. Untuk menghindari kelalaian seperti itu, sebaiknya hindari meletakkan barang di atas keyboard.

4. Letakkan laptop di tempat yang aman
Laptop itu barang yang kecil, jika ditaruh sembarangan di bawah bisa-bisa terinjak. Jika ditaruh di atas tempat yang tidak kokoh bisa terjatuh. Akibatanya sama, laptop hancur.
Saat laptop dibawa bepergian, pastikan laptop ditaruh di tas khusus laptop yang memiliki bantalan untuk meindungi laptop dari benturan.

5. Untuk menjaga Windows Anda tetap fit pastikan antivirus selalu up to date, jangan install software yang tidak terpercaya. Tips agar komputer tetap fit dapat dibaca disini dan disini.

Itulah beberapa tips merawat laptop agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply