Memperbaiki Masalah Setting Waktu pada Windows yang Dual Boot Linux

0
229
views

Jika Anda menginstall 2 operating system di PC, alias dual boot Windows dan Linux, biasanya akan mengalami masalah pada setting waktu ketika pindah dari OS satu ke OS yang lainnya. Misalnya saat ini seharusnya pukul 12.00, sebelumnya kita menggunakan OS Linux lalu pindah ke Windows maka jam pada Windows menjadi tidak cocok dengan yang seharusnya.

Itulah yang beberapa waktu ini saya alami, saya menginstall Windows 10 dan Kubuntu. Setiap berpindah OS settingan waktu menjadi kacau. Setiap saya perbaiki, setelah pindah-pindah OS akan kambuh lagi.

Munculnya masalah setting waktu ini disebabkan oleh cara yang berbeda antara Windows dan Linux dalam menyesuaikan waktu. Linux mengambil waktu dengan basis GMT atau Real Time Clock, sedangkan Windows menyesuaikan waktu dengan zona waktu. Hal itulah yang menyebabkan konflik.

Untuk mengatasi masalah tersebut kita akan memaksa Windows menggunakan waktu RTC, caranya dengan menambahkan key pada Registry. Dikarenakan ini sudah menyangkut Registry, lakukan dengan hati-hati, tidak perlu buru-buru.

Pertama-tama buka Regedit dari Run atau kolom search.

Setelah Regedit terbuka, langsung saja menuju key berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation

Lalu klik kanan dan pilih NEW > DWORD (32-bit) value untuk Windows versi 32 bit, atau NEW > QWORD (64-bit) value untuk Windows versi 64 bit.

Memperbaiki Masalah Setting Waktu pada Windows yang Dual Boot Linux

Masukkan key :

RealTimeIsUniversal

Dan beri nilai 1.

Setelah key tersebut ditambahkan, restart komputer atau laptop Anda.

Selamat mencoba..

 

Leave a Reply