Mengetahui Password Wifi yang Sudah Terhubung di Windows

Gaes, pernah gak kamu lagi maen ke rumah temen buat ngerjain tugas, terus disana kamu nyalain laptop kamu. Tingggg..  ternyata ada hotspot. Lalu tanpa basa basi kamu nyoba konek ke hotspot yang ada di rumah temen kamu itu. Hati sudah seneng banget bisa dapet hotspot, bisa internetan gratis. Eh ternyata wifi di rumah temen kamu itu dikasih password. Lalu dengan malu-malu kamu nanya passwordnya ke yang punya rumah, dan temenmu itu juga dengan sembunyi-sembunyi ngetik password di laptop kamu. Dan akhirnya kamu bener-bener bisa internetan, dan gak jadi ngerjain tugas.. haha

Kejadian seperti di atas pasti pernah dialami oleh para pemburu hotspot, maklum di Indonesia internet masih cukup mahal, jadi kadang hotspot gratisan adalah solusinya. Namun, ternyata ada hotspot yang dikasih password oleh pemiliknya sehingga tidak setiap orang bisa terhubung dengan jaringan internet melalui hotspot tersebut. Bayangin aja misalnya sebuah cafe di mall memasang hotspot tanpa password, wah bisa-bisa semua orang terhubung ke jaringan itu. Tapi kalau dikasih password kan bisa diatur, misalnya yang dikasih password hanya pelanggan di cafe tersebut. Meskipun pelanggan tersebut cuma beli milkshake, tapi ngenetnya berjam-jam buat download film. 🙁

Jika hotspot itu dipasang di sebuah kantor, maka tujuan utamanya lebih untuk melindungi data kantor tersebut. Misalnya ada komputer yang terhubung di jaringan itu file sharingnya diaktifkan, kan komputer lain jadi bisa melihat isi folder di jaringan itu, bisa-bisa rahasia perusahaan bocor ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tapi kalau kamu pakai Bolt, tujuan utamanya jelas, biar kuota internetmu gak disedot sama temenmu, iya to.. hehe

Password wifi yang pernah dimasukkan akan tetap tersimpan di komputer kamu dan kita bisa melihat passwordnya. Jadi rasanya sia-sia jika temenmu itu pakai acara sembunyi-sembunyi waktu menuliskan password wifi.

Untuk mengetahui password wifi yang pernah terhubung di komputer kamu, caranya sebagai berikut:

Ingat ya, ini bukan untuk meng-hack wifi yang sama sekali belum pernah terhubung.  Tutorial ini juga tidak berlaku untuk hotspot yang mensyaratkan user dan password seperti di hotel. Tapi ini hanya khusus untuk wife yang diproteksi menggunakan password WEP dan WPA dan pernah terhubung saja.

1. Klik lambang wifi di pojok kanan bawah sampai muncul hotspot yang terdeteksi. Atau bisa juga masuk di Control Panel > Network and Sharing Center > Manage Wireless Networks

Mengetahui Password Wifi yang Sudah Terhubung di Windows

2. Lalu klik kanan dan klik Properties pada hotspot yang akan kita lihat passwordnya.

Mengetahui Password Wifi yang Sudah Terhubung di Windows

3. Setelah muncul windows Wireless Network Properties klik tab Security. Berikan centang pada tulisan Show Characters untuk menampilkan password wifi tersebut.

Mengetahui Password Wifi yang Sudah Terhubung di Windows

Jadi, sebenernya temenmu itu sia-sia banget pakai acara sembunyi-sembunyi waktu nulis password hotspot, toh pada akhirnya kita akan tahu juga dengan cara yang sangat mudah.

Semoga bermanfaat..

Note :

Sekilas Tentang Password Wifi

WPA (bahasa Inggris: Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metoda pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metoda pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. Nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC) (http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi_Protected_Access)

 

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

1 Comment

gravatar
solusi kamu

It’s amazing designed for me to have a web site, which is useful designed for my knowledge.
thanks admin

Reply

Leave a Reply