Mengatasi Cursor Ngelag di ThinkPad L421 Setelah Upgrade Windows 10

2
849
views

Windows 10 telah beberapa waktu yang lalu di-release, saya pun tak mau ketinggalan. Windows 7 yang sebelumnya telah terinstall di Lenovo ThinkPad L421 sayapun segera saya upgrade menjadi Windows 10.

Saya suka tampilan Windows 10 yang lebih segar dan modern. Saya juga suka fitur install driver secara otomatis pada Windows 10 sehingga saya tidak perlu menginstall driver satu per satu. Lenovo punya tool untuk memudahkan instalasi driver, yaitu sistem update, saat saya coba di Windows 10 tinggal beberapa driver saya yang perlu diinstall, artinya sebagian besar driver sudah disediakan Windows 10.

Masalah yang saya hadapi saat menggunakan Windows 10 di Lenovo ThinkPad L421 adalah cursor yang sering nge-lag, padahal secara sistem tidak hang. Saat sedang mengoperasikan Ms. Office misalnya, tiba-tiba cursor tidak mau bergerak untuk beberapa saat. Awalnya saya kira yang membuat error adalah driver Realtek. Sebagaimana informasi yang saya baca di internet, ada software bawaan driver Realtek yang kurang kompatibel dengan Windows 10, yaitu fmapp.exe. Namun setelah saya cari ternyata file fmapp.exe tidak ada di laptop saya, kemungkinan Windows 10 hanya menginstall driver realtek saja tanpa fmapp.exe. Meskipun fmapp.exe tidak ada, namun cursor saya masih sering nge-lag.

Saya coba cari lagi internet, dan akhirnya ketemu juga solusi untuk mengatasi cursor yang nge-lag di Windows 10. Masalahnya berasal dari setting touchpad, yaitu pada Palm Check yang disetting Maximum. Agar tidak nge-lag Palm Check disetting ke Minimum.

Step by Step

Untuk mengakses Palm Check ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka SETTING > DEVICE > MOUSE & TOUCHPAD. Setelah itu pilih Additional Mouse Options di bagian paling bawah.
  2. Setelah muncul Mouse Properties, pilih tab UltraNav lalu klik Setting pada bagian TouchPad.Mengatasi Cursor Ngelag di ThinkPad L421 Setelah Upgrade Windows 10
  3. Pada TouchPad Properties klik pada SmartCheck Setting. Lalu klik pada PalmCheck untuk mengubah dari Maximum ke Minimum.Mengatasi Cursor Ngelag di ThinkPad L421 Setelah Upgrade Windows 10

Selamat mencoba.

2 COMMENTS

  1. saya punya lenovo L421 os win 8.1, mau upgrade ke windows 10, untuk ketahanan baterainya kuat berapa jam ya?, karena kebanyakan info yang saya terima, win 10 lebih boros baterainya?….thx sebelumnya

    • Kalau punya pakai windows 10 batrei biasa saja mas, msh normal. Kalaupun jd lbh boros itu sedikit, tdk terlalu signifikan. Maklumlah krn penambahan fitur pasti butuh tambahan resource jg.

Leave a Reply