Update Besar Windows 10 November 2015, Apa Saja yang Baru?

Pada 12 November 2015 yang lalu Microsoft me-release sebuah update besar pertama (major update) untuk Windows 10 untuk PC dan tablet. Saya sendiri baru mendapatkan update tersebut bulan Desember 2015, bisa jadi release tiap-tiap negara berbeda-beda. Dengan update ini, ada perbaikan di semua aspek platform, termasuk ribuan vendor memperbarui driver perangkat dan aplikasi untuk Windows 10 agar semakin bagus kompatibilitasnya.

Perbaikan dalam update ini meliputi:

  1. Performance. Terdapat peningkatan kinerja dalam melakukan tugas sehari-hari, seperti waktu boot sekarang hampir 30% lebih cepat dari Windows 7 pada perangkat yang sama.
  2. Dengan Cortana, Anda dapat menggunakan stylus Anda hanya dengan mencoret-coret di Notebook Cortana dan Cortana akan mengenali nomor telepon, alamat email, dan bahkan alamat fisik untuk membantu Anda mengatur pengingat. Cortana kini juga dapat mencari booking acara dan film Anda juga, mengirimkan pengingat membantu untuk mengetahui ke mana harus pergi dan sampai di sana tepat waktu, ditambah pilihan untuk memesan dan melacak Uber.
  3. Microsoft Edge menawarkan peningkatan kinerja dan keamanan, ditambah dengan fitur baru preview tab yang memungkinkan Anda untuk melihat preview dari apa yang ada di situs yang Anda buka tanpa meninggalkan halaman dimana Anda saat ini berada. Microsoft Edge sekarang dapat melakukan sinkronisasi Favorit dan Reading List Anda dari beberapa device yang Anda miliki, sehingga Anda dapat dengan mudah kembali ke konten yang paling Anda sukai.

Dan masih banyak lagi perbaikan pada program bawaan Windows 10 seperti Mail, Calendar, Photo, Groove, Xbox, Store, OneNote, Solitaire, dan banyak lagi.

Dikarenakan banyaknya update pada Windows 10 dan aplikasi pendukungnya, proses update kali ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan internet di rumah saya yang kecepatanannya kurang lebih 700 Kbps, saya membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk proses download dan instalasi.

Update Windows 10 1511 10586

Untuk mengcek versi Windows 10, buka search dan tulis About.

Selama proses instalasi update, PC/laptop tidak dapat digunakan dikarenakan proses update berjalan seperti waktu instalasi awal Windows 10. Layar hanya menampilkan bulatan dengan prosentase proses update. Oleh karena itu untuk update ini sediakan waktu yang banyak. Hindari mengupdate Windows 10 di saat jam kerja, karena dipastikan akan mengganggu pekerjaan Anda.

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply