Panduan Lengkap Google Meet Versi Gratis
Image Credits ; pexels.com

Panduan Lengkap Google Meet Versi Gratis

Posted on

Apa Itu Google Meet?

Google Meet adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google yang telah diluncurkan pada bulan Maret 2017. Layanan Google Meet menjadi bagian dari layanan berbayar G-Suite. Ini adalah salah satu dari dua aplikasi yang merupakan versi baru Google Hangouts, yang lainnya adalah Google Chat (hanya tersedia pada layanan G-Suite). Google Hangouts sendiri telah dihentikan operasinya pada Oktober 2019.

Berdasarkan data yang ada, penggunaan Google Meet meningkat 30 kali lipat antara Januari dan April 2020, dengan 100 juta pengguna mengakses Google Meet setiap hari. Penggunaan Google Meet masih jauh lebih sedikit dibandingkan penggunaan Zoom pada minggu terakhir April 2020 yang mencapai 200 juta per hari.
Google menanggapi pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia dengan mengumumkan Google Meet versi gratis pada April 2020. Pengguna Google dapat menikmati fitur-fitur canggih yang sebelumnya memerlukan akun G-Suite atau G-Suite untuk Pendidikan. Layanan Google Meet versi gratis akhirnya tersedia untuk semua orang pada bulan Mei 2020 dengan mengakses Google Meet versi web meet.google.com, dan menggunakan Google Meet versi Android dan iOS.
Google Meet menawarkan beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Google Meet tidak mengizinkan pengguna anonim, setiap peserta diwajibkan login akun Google untuk bergabung dengan rapat/ video conference. Hal ini berbeda dengan Zoom yang mengizinkan pengguna anonim sehingga menimbulkan isu keamanan atau yang biasa disebut Zoomboming.
  • Host memiliki hak penuh untuk menerima atau menolak permintaan join meeting dari pengguna, bahkan host dapat menghapus peserta.
  • Google melakukan enkripsi untuk menjaga keamanan selama rapat sampai dengan penyimpanan rekaman di Google Drive.
  • Google Meet merupakan bagian dari Google Cloud yang menjalani audit keamanan dan privasi ketat untuk semua layanannya. Sertifikasi kepatuhan global dipenuhi untuk persyaratan peraturan seperti GDPR dan HIPAA, serta COPPA dan FERPA untuk pendidikan.

Pada artikel kali ini kantorkita.net akan memberikan panduan lengkap mengenai Google Meet, serta tip trik penggunaannya agar video conference yang kita lakukan dapat berjalan lebih baik.

Memulai Google Meet

Google Meet tersedia dalam 3 platform, yaitu web, Android, dan iOS. Google tidak menyediakan Google Meet versi desktop untuk Windows maupun Mac OS. Pengguna cukup menggunakan browser modern untuk dapat menggunakan Google Meet.
Pengguna dapat masuk ke Google Meet melalui meet.google.com. Shortcut untuk mengakses Google Meet juga telah disediakan pada Gmail, yaitu sisi sidebar sebelah kiri bawah. Pengguna iOS dan Android dapat mengunduh aplikasi Google Meet melalui Apple App Store dan Google Play Store.

Panduan Lengkap Google Meet Versi Gratis Create
Google Meet – Membuat Meeting

Mengundang Peserta Rapat

URL Join Meeting

Google Meet akan membuat link/URL yang dinamis dan akan selalu berubah setiap kali kita membuat meeting melalui Google Meet. Hal ini agak berbeda dengan Zoom yang menggunakan Meeting ID yang tidak berubah-ubah.

Panduan Lengkap Google Meet Versi Gratis Join
Google Meet – Join Meeting

Integrasi Google Meet di Calendar

Untuk membuat link statis yang akan kita bagikan kepada peserta rapat jauh-jauh hari, kita dapat menggunakan Google Calendar. Buat event/agenda baru di Google Calendar, pada opsi Join with Google Meet akan muncul URL yang dapat kita bagikan untuk bergabung dengan meeting yang akan dilaksanakan menggunakan Google Meet.

Invite by Email

Kita juga dapat mengundang peserta dengan alamat email untuk menjamin undangan meeting hanya ditujukan kepada orang-orang tertentu.

Optimasi Google Meet

Google Meet menyediakan berbagai fitur yang dapat kita gunakan untuk memaksimalkan Google Meeting itu sendiri. Berikut adalah beberapa tip dan trik menggunakan Google Meet;
a. Ubah Layout
Google Meet menyediakan beberapa layout antara lain Sidebar, Spotlight, dan Tiled.

Ubah Layout Google Meet

b. Setting Audio
Apabila bermaksud menggunakan microphone dan speaker tambahan misal speaker bluetooh (alih-alih menggunakan speaker bawaan laptop), pastikan setting input microphone dan output speaker telah diarahkan pada speaker yang tepat.

Setting Audio Google Meet

c. Setting Video
Google Meet mengarahkan setting video pada resolusi 360. Apabila kita akan memaksimalkan webcam bawaan laptop, kita dapat setting send resolution dan receive resolusion pada 720.
Kualitas video Google Meet dapat juga ditingkatkan dengan penggunaan webcam tambahan yang mendukung resolusi 1080.

d. Present Now/Share Screen

Software video conference tak lengkap rasanya tanpa fitur share screen, Google Meet juga memiliki fitur ini dengan nama Present Now. Ada 3 mode share screen, yaitu entire screen, a window, dan a chrome tab. Jika file presentasi yang akan kita tampilkan ada di Microsoft Power Point, maka kita memilih a window, terus pilih windows powerpoint yang kita akan share.

Share Screen Google Meet

e. Caption/Subtitle

Ada satu fitur yang ada di Google Meet namun tidak ada di Zoom, yaitu caption/subtitle. Fitur ini akan mengenali suara kemudian menampilkan teks di layar (voice to text). Fitur ini baru berguna ketika bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris (English) karena sampai hari ini bahasa Indonesia belum didukung oleh Google Meet. Fitur subtitle selain di Google Meet juga ada di Skype.

Caption Subtitle Google Meet

f. Maksimalkan Dengan Chrome Extension

Apabila kita memerlukan fungsi tambahan yang belum ada di Google Meet, masih ada alternatif solusi untuk memaksimalkan kinerja Google Meet, yaitu dengan menginstall extension pada Google Chrome.
Berikut beberapa Chrome Extension yang dapat meningkatkan fungsi Google Meet.

1. Google Meet Enhancement Suite – Grid & more

Google Meet Enhancement Suite – Grid & more

Fitur utama dari extension ini antara lain;
• Grid Layout: menampilkan seluruh peserta rapat dalam satu window.
• Push to Talk: mute dan unmute hanya dengan menekan keyboard.
• Auto Join: skip the join screen and get straight to the meeting
• Quick Leave: quickly leave a hangout by pressing Shift + K
• Smart Defaults: automatically turn on captions, mute your mic, or turn your video off
Install Google Meet Enhancement Suite – Grid & more > https://tinyurl.com/ya8o37n

2. Nod

Extension ini akan menambahkan fitur real-time reaction kepada presenter.
Install Nod > https://tinyurl.com/ya9l6afm

3. Meet Attendance

Meet Attendance akan membantu kita untuk membuat daftar hadir peserta yang mengikuti rapat melalui Google Meet. Data peserta akan secara otomatis diekspor ke dalam Google Sheet.
Install Meet Attendance > https://tinyurl.com/u3lo727

4. Dualless window splitter

Dualless window splitter

Dualless kita gunakan untuk split Google Chrome menjadi 2 window sehingga kita bisa memiliki 2 window, misal 1 window menampilkan Chrome tab yang kita share di Google Meet, dan 1 window lagi menampilkan Google Meet itu sendiri.
Install Dualless > https://tinyurl.com/kdnof76

5. Google Meet Call Timer

Google Meet Call Timer

Google Meet tidak menampilkan waktu meeting yang telah berjalan, dengan extension ini kita dapat menampilkan waktu serta reminder jika telah mencapai waktu yang direncanakan, sebagai contoh kita merencakan meeting akan dilaksanakan dalam waktu 1 jam/60 menit, maka kita setting di timer 60 menit, ketika meeting telah mencapai 60 menit, warna timer akan berubah menjadi merah.
Install Google Meet Call Timer > https://tinyurl.com/y9aqcaaj

Kehadiran Google Meet versi gratis ini mungkin agak terlambat apabila kita melihat kepopuleran Zoom saat ini. Dikarenakan Zoom telah digunakan masyarakat lebih awal meskipun ada isu keamanan yang dinamakan Zoomboming, tak ada salahnya kita mencoba Google Meet.

Kekurangan Google Meet

Ketika kita pindah dari Zoom ke Google Meet, kita akan menemukan beberapa fitur yang tidak kita temukan di Google Meet versi gratis ini, antara lain;
1. Tombol “mute all” untuk mematikan microphone seluruh peserta sehingga suara pembicara/host tidak terganggu oleh suara peserta.
2. Fitur virtual background belum ada di Google Meet. Fitur ini cukup membantu orang seperti saya yang sedang WFH, daripada menampilkan backgroud kamar yang berantakan lebih baik menggunakan virtual backgroud yang cantik.
3. Merekam video rapat. Fitur rekam video hanya ada di layanan berbayar yaitu G Suite.

Sekian panduan lengkap Google Meet versi gratis dari kami, kami akan update terus artikel ini mengikuti perubahan atau penambahan fitur yang akan ditambahkan oleh Google di masa mendatang.

Referensi :

John R. Sowash > https://www.youtube.com/channel/UCnDDrfRt_TBGfZAa1Hsb2XQ

Blog Google > https://www.blog.google/products/meet/google-meet-is-here-to-host-everyones-video-meetings-for-free/

Image Credit : https://www.pexels.com/@ivan-samkov

Gravatar Image
Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply