Sinkronisasi Bookmark Chrome, Firefox, dan Edge dengan xBrowserSync

Sinkronisasi Bookmark Chrome, Firefox, dan Edge dengan xBrowserSync

Posted on

Saya menggunakan 3 browser dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Google Chrome, Edge Chromium, dan Mozilla Firefox. Browser yang paling sering saya pakai Google Chrome karena kepraktisannya terhubung dengan akun Google sehingga setting, extension, bookmark, dan sebagainya.

Setiap browser tersebut memiliki fitur bookmark dan sinkronisasi bookmark dengan servernya masing-masing sehingga bookmark tersebut akan disikronisasi dengan browser yang terinstall di komputer lain. Misalnya kita aktifkan sinkronisasi Google Chrome kita di PC A, maka data bookmark juga akan ada di Google Chrome di PC B.

Fitur bawaan browser yang belum ada adalah sinkronisasi bookmark antar browser. Ketika kita membuat bookmark sebuah URL di Chrome, maka bookmark tersebut juga akan tersimpan di browser, dan sebaliknya. Oleh karena itu kita memerlukan tool tambahan agar bookmark di Chrome, Firefox, dan Edge dapat disinkronkan, yaitu extension/add-on xBrowserSync.

xBrowserSync adalah tool gratis dan open source yang membuat kita bisa sinkronisasi bookmark antar browser. Software ini dibuat karena rasa keprihatinan akan ketergantungan berlebihan pada layanan yang diberikan oleh teknologi besar, yang mengumpulkan sebanyak mungkin data pribadi dan tidak menghormati privasi pengguna mereka. xBrowserSync menghormati privasi Anda dan memberi Anda anonimitas. Tidak diperlukan pendaftaran dan tidak ada data pribadi yang pernah dikumpulkan. Untuk mulai menyinkronkan cukup unduh xBrowserSync untuk browser desktop atau platform seluler Anda, masukkan kata sandi enkripsi dan klik Buat Sinkronisasi Baru! Anda akan menerima ID sinkronisasi anonim yang mengidentifikasi data Anda dan dapat digunakan untuk mengakses data Anda di browser dan perangkat lain.

xBrowserSync tidak hanya menyinkronkan tetapi juga meningkatkan produktivitas Anda dengan memperkaya bookmark browser asli Anda dengan penambahan deskripsi dan tag, dan antarmuka pencarian intuitif memungkinkan Anda untuk menemukan, memodifikasi, dan berbagi bookmark dengan cepat dan mudah. xBrowserSync bahkan menambahkan deskripsi dan tag ke bookmark baru untuk Anda secara otomatis. Dan jangan pernah khawatir kehilangan data Anda berkat fungsi pencadangan dan pemulihan yang disertakan.

Instalasi xBrowserSync melalui tautan berikut ini :

Mozilla Firefox : https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/xbs/

Google Chrome/ Chromium / Microsoft Edge Chromium : https://chrome.google.com/webstore/detail/xbrowsersync/lcbjdhceifofjlpecfpeimnnphbcjgnc

Gravatar Image
Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply