titik koma desimal ribuan

Mengatur Pemisah Ribuan dan Desimal

Posted on

Dalam microsoft Excel penampakan angka untuk ribuan  dan desimal atau sering disebut separator merupakan tanda yang digunakan sebagai pemisah. Dalam tata bahasa Indonesia, tanda pemisah ribuan menggunakan karakter “.” (titik), sedangkan tanda pemisah desimal kita menggunakan karakter “,” (koma), contoh pada nilai 2.852.105,05.

Penggunaan karakter titik “.’ ataupun koma “,” tergantung pada settingan sistem yang kita gunakan. Bila setting bahasa pada komputer kita menggunakan bahasa Indonesia, maka Excel menggunakan tanda titik “.” sebagai pemisah angka ribuan dan tanda koma “,” sebagai pemisah desimal. Bila komp[uter yang kita gunakan belum pernah dilakukan setting regional maka defaul dari tanda pemisah pada microsoft Excel adalah koma “,” untuk ribuan dan titik “.” untuk bilangan desimal.

Bagi sobat kantorkita yang mungkin kesulitan menemukan bagaimana cara merubah setting karakter pemisah angka ribuan ataupun desimal sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang berlaku.

setting currency dan numerik

  1. Cara pertama adalah dengan merubah setting language system windows menjadi bahasa Indonesia. Yaitu dengan cara pilih: Windows > Control Panel > Regional and Language Option > Pilih bahasa sesuai dengan yang kebutuhan.
  2. Cara kedua yaitu dengan cara manual di Microsoft Excel dengan memilih menu Office Button >  Excel Option > Advanced > System Sparator dan edit sesuai dengan kebutuhan.

 

titik koma ribuan desimal

Cara pertama sifatnya permanen, perubahan yang dilakukan memiliki efek kepada seluruh program (Office) yang telah di instal, sedangkan cara kedua lebih aman karena hanya mencakup Office Excel yang terdaftar. Saya merekomendasikan cukup membuat pemisah ribuan dan desimal menggunakan cara kedua agar penggunaan rumus untuk excel nantinya tidak berubah.

Cara pertama juga digunakan untuk merubah settingan mata uang sesuai dengan bahasa yang dipilih. misalnya sobat kantorkita ingin menjadikan rupiah sebagai nilai default untuk setiap angka numerical number. Selamat mencoba dan bila ada yang perlu ditanyakan posting aja di komen bawah ini, siapa tau ada yang bisa bantu.

Leave a Reply