Setting Layout Untuk Mencetak Halaman Bolak-Balik di Ms. Word

0
794
views

Microsoft Word adalah software paling populer dalam urusan surat menyurat, pembuatan laporan, proposal, karya tulis, dsb. Meskipun ada software yang memiliki fungsi dan fitur serupa seperti Libre Office dan WPS Office, tetap saja kenyamanan menggunakan Microsoft Word sulit tergantikan.

Penulisan naskah surat, laporan, ataupun karya tulis membutuhkan pengaturan  margin dan indentasi yang baik agar tampilannya rapi dan enak dipandang. Margin adalah jarak antara tepian kertas dengan teks, sedangkan indentasi yaitu pengaturan paragraf berupa batas kanan dan kiri serta pengaturan paragraf agar baris pertama menjorok ke dalam. Apabila dokumen tersebut nantinya akan dijilid, dapat juga ditambahkan gutter pada page layout. Gutter adalah bagian dari kertas yang dijilid/ dibundle.

Salah satu trik dalam mencetak dokumen yang jumlah halamannya banyak adalah dengan mencetak halaman bolak balik untuk menghemat kertas. Ada 3 hal penting yang perlu dilakukan untuk mencetak halaman bolak-balik di Microsoft Word yaitu Page Setup, Pengaturan Header/Footer dan Print Setup

Page Setup

Untuk mencetak bolak-balik kita harus mengatur margin yang berbeda untuk halaman ganjil (odd) dan halaman genap (even). Kenapa harus berbeda? Karena kalau sama maka akan ada bagian yang ikut dijilid pada halaman genap. Untuk mengatur page setup, klik ribbon > page layout > margins. Setelah mengatur margin atas, bawah, kanan (kanan), dan kiri (inside), pada bagian Page > Multiple Pages yang semula normal menjadi Mirror Margins. Hasilnya pada halaman genap marginnya akan berkebalikan dengan halaman ganjil.

Setting Layout Untuk Mencetak Halaman Bolak-Balik di Ms. Word

Berikut adalah tampilan setelah setting Mirror Margins diaplikasikan.

Setting Layout Untuk Mencetak Halaman Bolak-Balik di Ms. Word 2

Pengaturan Header/ Footer

Pada umumnya kita meletakkan header atau footer berupa nama dokumen dan halaman. Apabila kita meletakkan footer tersebut dengan posisi di tengah-tengah, maka tidak perlu settingan berbeda untuk halaman ganjil dan genap. Namun jika kita meletakkannya di sebelah kanan atau kiri, maka kita perlu membedakan posisinya. Sebagai contoh pada halaman ganjil kita meletakkan nomor halaman di sebelah kanan, maka untuk keperluan cetak bolak-balik nomor halaman pada halaman genap harus diletakkan pada sebelah kiri.

Untuk itu kita akan membedakan setting header/ footer halaman ganjil dan genap. Pertama-tama pada halaman ganjil, insert page dan taruh pada kanan bawah. Lalu dobel klik pada nomor halaman untuk masuk ke pengaturan header dan footer, berikan centang pada bagian “Different Even and Odd Pages”.

Setting Layout Untuk Mencetak Halaman Bolak-Balik di Ms. Word 3 Print Setup

Sekanjutnya adalah proses mencetak dokumen tersebut menggunakan printer. Apabila pada printer yang kita miliki terdapat fitur mencetak bolak-balik, maka akan lebih mudah. Namun jika printer kita tidak memiliki fitur tersebut, maka yang akan kita lakukan adalah mencetak halaman ganjil (odd) dahulu, setelah itu hasil cetakan kita masukkan lagi ke dalam printer untuk selanjutnya akan mencetak halaman genap (even). Hati-hati saat menaruh kertas yang sudah dicetak salah satu halamannya, pastikan tidak terbalik. Apabila terbalik akan menyebabkan printer mencetak 2 kali di halaman yang sama.

Setting Layout Untuk Mencetak Halaman Bolak-Balik di Ms. Word 4

Selamat mencoba..

Leave a Reply