Mengenal 22 Hotkeys Keyboard Shortcut pada Windows 7

Shortcut Yang Perlu Dihapus Dari Desktop

Posted on

Pernahkah Anda melihat desktop yang penuh dengan shortcut seperti gambar di bawah ini? Tidak sedap dipandang, dan membuat kita sulit mencari menemukan shortcut file yang iconnya sama. Oleh karena itu perlu pembersihan desktop agar wallpaper terlihat jelas keindahannya. Nah kami akan memberikan panduan shortcut apa saja yang sebaiknya Anda hapus dari desktop. Shortcut yang harus dihapus 1. File Penting

Ada kebiasaan yang sebenarnya sangat berbahaya, yaitu menyimpan file di desktop. Pertama jelas dari segi akses, setiap orang yang menggunakan komputer Anda dapat melihat dengan mudah file-file penting Anda, kedua jika suatu saat komputer Anda harus diformat dan diinstall ulang, besar kemungkinan file di desktop akan di backup karena dipikir yang ada di desktop hanya shortcut. Jadi taruhlah shortcut file yang sering dibuka dan tidak ada data penting di dalamnya. 2. Software Yang Tidak Pernah Digunakan Saat menginstall sebuah program biasanya secara otomatis akan membuat shortcut di desktop padahal program tersebut belum tentu kita gunakan setiap hari, atau bahkan hanya digunakan sekali saja lalu dibiarkan. Daripada mengotori desktop, hapus saja shortcutnya dari desktop. Anda masih bisa mengaksesnya melalui start menu.

2. Antivirus (Avira, Norton, Avast, AVG)

Dalam 1 bulan berapa kali Anda membuka program Antivirus? Untuk melakukan update lebih sering dilakukan melalui taskbar, sedangkan untuk scan flashdisk biasanya melalui Windows Explorer. Jadi lebih baik shortcut Antivirus dihapus saja dari desktop.

3. Pdf Reader (Adobe Reader, Foxit Reader)
Pada saat membuka file pdf, biasanya kita membuka Windows Explorer dulu, lalu mencari letak file pdf yang akan dibuka. Klik 2 kali dan file pdf pun terbuka. Jarang sekali ada yang membuka file pdf melalui Adobe Reader atau Foxit Reader.

4. Video Player (Gom Player, Media Player Classic)
Begitu juga dengan file video, kebanyakan dari kita juga membuka file video, seperti 3gp, mp4, mkv, dsb melalui Windows Exprorer, baru memilih video yang akan dibuka. Beberapa video player sebenarnya memiliki fitur library, dimana semua file video akan diindex dan disusun berdasarkan judul, genre, dsb. Namun sepertinya masih lebih nyaman melalui explorer.

5. Pengompres File (7zip, WinRar, Win Zip)
Seperti program pada umumnya, WinZip, WinRar, dan 7Zip juga otomatis membuat shortcut di desktop pada saat instalasi. Namun sangat jarang yang membuka file maupun mengompres file melalui shortcut di desktop. Kenapa? Ya karena perintah ekstrak dan kompres sudah terintegrasi di Windows Explorer.

Jadi biar desktop kita bersih, pastikan 5 shortcut di atas dihapus dari desktop. Sayang kan wallpaper keren tapi ketutupan icon yang hampir memenuhi layar laptop.

Leave a Reply