susunan acara apel upacara

Susunan Acara Apel Pagi

Posted on

Pada sebagian Instansi pemerintahan dan kantor-kantor besar, biasanya rutin dilaksanakan apel bulanan, hal ini dilakukan untuk mengikat hubungan kerja yang baik antara pejabat dengan pelaksana di bawahnya dan antar pegawai. Selain info penting, banyak hal kecil yang bisa disampaikan dalam amanat apel. Antara lain ucapan terima kasih atas dedikasi para pegawai, pemberian penghargaan kepada pegawai teladan, pencapaian target perusahaan, informasi atas pencapaian suatu prestasi ataupun informasi lain yang bisa di bagikan kepada pegawai lain.

teks acara apel upacaraHal-hal kecil yang disampaikan, ukanlah point utama dalam sebuah apel/upacara. Yang menjadi harapan dalam acara rutin ini adalah pertemuan antar pegawai bisa membentuk ikatan dan hubungan yang baik antar pegawai untuk menunjang kinerja. Berikut ini susunan acara apel secara global yang biasa dilaksanakan secara rutin di beberapa instansi pemerintah.

Persiapan barisan
Masing-masing pegawai berbaris sesuai dengan divisinya. Salah seorang ditunjuk untuk menjadi komandan pasukan / ketua regu yang nanti akan berdiri di sebelah kanan pasukan masing-masing divisi.

Memulai apel pagi

  1. Barisan disiapkan (posisi sikap sempurna)
  2. Komandan Apel memasuki Lapangan Apel (lapangan/aula)
  3. Penghormatan kepada komandan apel ( biasanya dipimpin oleh komandan pasukan baris paling kanan)
  4. Barisan diistirahatkan
  5. Pejabat Pengambil Apel (pembina/kepala kantor/manajer) memasuki lapangan Apel
  6. Penghormatan Pasukan
  7. Laporan (Apel siap dilaksanakan)
  8. Menyanyikan Mars Instansi (optional)
  9. Amanat (pasukan diistirahatkan)
  10. Pemberian penghargaan (pegawai of the month (optional))
  11. Pembacaan Do’a
  12. Laporan (Apel Selesai)
  13. Penghormatan Pasukan
  14. Pejabat Pengambil Apel meninggalkan lapangan Apel
  15. Komandan Apel membubarkan pasukan

Susunan Acara Apel rutin di atas, bisa digunakan sebagai contoh. Saya mengambil susunan apel ini dari salah satu instansi pemerintah yang rutin melaksanakan apel pagi setiap bulannya.

Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply