doa wisuda

Do’a Acara Formal/Resmi

Posted on

Doa dan Ceremony seperti Apel/Upacara punya hubungan yang sangat dekat.. mereka berdua ibarat jodoh sejati yang tak bisa dipisahkan. Apel/Upacara/ceremony apapun bentuknya tanpa doa ibarat sayur tanpa garam, aneh rasanya..
Saya punya sedikit koleksi doa yang pernah saya bacakan ketika ditunjuk menjadi petugas pembaca doa. Daripada hanya jadi sebuah file tanpa makna, mungkin suatu saat bisa berguna bagi anda yang ditunjuk menjadi petugas pembaca doa dadakan yang tidak punya persiapan/catatan apapun pada suatu acara seremonial yang anda hadir di dalamnya.Berikut silahkan disimak dan dipergunakan sebagaimana mestinya, semoga bermanfaat.
1. DOA WISUDA
(doa ini saya bacakan ketika yudisium tingkat III di sebuah Sekolah Tinggi tempat saya ditempa)

Bismillaahirrohmaanirrohim.
Allahumma ya Allah..
Tiada kata yang pantas kami ucapkan selain syukur kehadirat Mu atas segala nikmat yang telah engkau berikan kepada kami. Kami semua mampu menjalani pendidikan selama ini, tentu saja atas rahmat dan Hidayah dari Mu
Ya Allah… di pagi yang baik ini, kami berkumpul bersama dalam majelis ini adalah dalam rangka memanjatkan rasa syukur atas nikmat-Mu yang tak terhingga.
Ya Rahman… Jadikanlah hari ini, saat ini waktu dimana Engkau ampuni dosa-dosa kami, dosa kedua orangtua kami, dosa para pengajar kami dan dosa para pemimpin kami. Jauhkanlah kami dari sifat dzolim dan hindarkanlah kami dari perbuatan tercelai, dari hati yang tidak pernah khusyuk dan daripada nafsu yang tidak pernah merasa puas
Ya Rabb… Limpahkanlah keberkahan pada ilmu yang telah kami dapatkan selama pendidikan ini Berikanlah para pengajar kami balasan kebaikan atas ilmu yang telah diberikan Jadikanlah kami hamba-hambamu yang senantiasa bersyukur atas nikmat-Mu yang melimpah
Ya Allah… Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berpadu, Berhimpun dalam naungan cinta Mu, Bertemu dalam Ketaatan, bersatu dalam perjuangan, menegakkan syari’at dalam kehidupan, Kuatkanlah ikatannya, kekalkanlah cintanya dan tunjukilah jalan-jalannya.
Penuhilah hati-hati ini dengan cahaya Mu yang tiada pernah pudar. Lapangkanlah dada-dada kami dengan karunia keimanan kepadaMu dan keindahan bertawakkal kepadaMu. Nyalakanlah hati kami dengan berma’rifat padaMu. Matikanlah kami dalam syahid di jalanMu. Sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Ya Allah Sampaikanlah kesejahteraan, pada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya dan limpahkanlah kepada mereka keselamatan.
Ya Rabbi… perkenankanlah doa kami

2. DOA APEL PAGI

(Doa ini saya ambil dari teks doa apel pagi yang biasa dibacakan setiap bulan di kantor saya)

Bismillaahirrohmaanirrohim.
Ya, Allah Tuhan Semesta Alam, pada hari ini kami berkumpul dalam rangka mengadakan apel pagi .
Dengan segala kerendahan hati, kami memohon Ya Allah agar kiranya Engkau memberkahi dan meridhoi acara pada hari ini,
Ya Allah jadikanlah agar kami menjadi orang yang menunaikan amanah dengan baik terutama pegawai yang bertugas di kantor ini.
Ya Allah jadikanlah agar kami dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan bukan sebaliknya yaitu menjadi orang yang selalu merugikan orang lain.
Ya Allah Berilah kecukupan kepada kami dengan yang halalmu dari yang harammu, dan Kayakanlah kami dengan fadhilahmu dari yang selainmu
Ya Allah Perbaikilah apa-apa yang ada pada diri kami dan satukanlah hati hati kami dan tunjukilah kami jalan keselamatan dan bimbinglah kami dari gelap menuju terang dan hapuskanlah kami dari keburukan yang nampak dan yang tersembunyi . Ya Allah berkahilah pendengaran kami dan penglihatan kami , dan hati-hati kami dan pasangan-pasangan kami dan keluarga-keluarga kami dan terimalah taubat kami , Sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang .
Robbanaa Aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhiroti khasanah wa qinaa adzaabannar
Subhaana Robbika Robbil Izzati amma yasifun wa salamun alal mursalin walhamdulillaahi Robbil Aalamin. Amin.

One thought on “Do’a Acara Formal/Resmi

Leave a Reply