ColorNote for Windows, Sinkronisasi Android – Windows Menjadi Mudah

Pengguna Android mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, ColorNote. Saya sendiri telah menggunakan ColorNote sejak beberapa tahun yang lalu. Saya suka ColorNote karena ringan, simpel, dan sudah cukup memenuhi kebutuhan saya. Pada ColorNote versi Android terdapat beberapa fitur unggulan yang membuat saya susah pindah ke lain hati, fitur tersebut antara lain:

  1. Sesuai namanya ColorNote memiliki fitur warna pada backgroud note yang kita buat. Ada 9 warna yang bisa dijadikan backgroud. Warna tersebut bisa menjadi penanda kategori catatan yang kita buat, misalnya kuning untuk keuangan, biru untuk informasi umum, hijau untuk catatan tentang rumah.
  2. Checklist. Fitur ini sangat berguna ketika sedang berbelanja, masukkan semua barang yang akan dibeli di checklist. Ketika di pasar, barang yang sudah dibeli tinggal kita klik untuk menandai bahwa barang tersebut sudah dibeli.
  3. Calendar. Meskipun biasanya sudah ada aplikasi calendar bawaan Android, tidak ada salahnya memanfaatkan calendar di ColorNote agar seluruh catatan, event, checklist, dan reminder tergabung dalam satu aplikasi saja.
  4. Reminder. Sudah repot-repot buat catatan, eh lupa. Nah ColorNote memiliki fitur reminder berupa alarm. Bahkan ada pilihan untuk “pin to status bar”, sehingga saat kita mengoperasikan smartphone kita, catatan yang kita buat akan selalu muncul di status bar.
  5. Sikronisasi. Ini adalah fitur yang paling saya sukai, saya bisa menggunakan akun Facebook atau Google untuk melakukan sinkronisasi secara online sehingga setiap perubahan data ColorNote di satu device akan tersinkronisasi dengan ColorNote yang ada di device yang lain. Data yang disinkronisasi termasuk note yang telah dihapus dan ada di Trash.

Empat poin di atas adalah fitur-fitur unggulan yang ada di ColorNote versi Android, kini kita akan mengupas ColorNote versi Windows. Berikut adalah review saya tentang ColorNote for Windows:

1. INSTALASI DAN UPDATE. ColorNote hanya dapat diinstall melalui Store yang ada di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Saya belum menemukan cara install ColorNote melalui installer biasa. Jadi jika Anda ingin menginstall ColorNote maka syarat minimal operating systemnya adalah Windows 8. Untuk menginstall ColorNote, buka Store melalui Start Menu. Masukkan kata kunci ColorNote pada kolom search dan tekan enter. Setelah hasil pencarian tampil, klik pada ColorNote Notepad Notes lalu klik Install. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Jika ada update terbaru untuk ColorNote, proses updating juga dilakukan melalui Store.

ColorNote for Windows 10

2. TAMPILAN. Pada saat ColorNote pertama kali dijalankan akan muncul pilihan untuk login menggunakan akun Facebook atau Google. Dikarenakan di ColorNote versi Android saya login menggunakan akun Google, maka pada versi Windows saya juga login menggunakan akun Google agar semua catatan dapat saya buka di Windows.

ColorNote for Windows 10

Setelah login berhasil maka seluruh note dan checklist yang telah disinkronisasi di Android akan muncul di ColorNote for Windows. Terdapat 2 tombol di sebelah kanan berbentuk lingkaran, yaitu tombol untuk sinkronisasi dan satu lagi tombol user. Tombol user digunakan untuk log out.

ColorNote for Windows 10

3. FITUR. ColorNote versi Windows ini ternyata tidak membawa seluruh fitur yang ada versi Android. Fitur yang ada di ColorNote for Windows ini antara lain : Note, Checklist, Backgroud Color, Trash, Archive, Sync. Fitur-fitur yang tidak ada di ColorNote for Windows antara lain : Reminder dan Calendar.

KESIMPULAN

Kehadiran ColorNote di Windows merupakan perkembangan yang cukup baik. Bagi saya pribadi, itu sudah cukup membantu saya untuk sinkronisasi catatan di smartphone android saya dengan laptop.

ColorNote for Windows masih memerlukan banyak perbaikan, misalnya tampilan yang menurut saya terlalu kaku, menu setting yang masih kosong, serta penambahan fitur seperti reminder yang bagi saya sangat penting.

 

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat.

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply