Gesture Touchpad Laptop yang Wajib Kamu Kuasai

0
179
views

Teknologi touchpad laptop saat ini sudah jauh lebih canggih daripada laptop 10 tahun yang lalu. Kalau dulu hanya bisa mengakomodasi 1 sentuhan, saat ini sudah bisa sampai 4 sentuhan. Touchpad jaman dulu biasanya ada garis vertikal di sebelah kanan dan garis horisontal di bagian yang menjadi tanda untuk melakukan scrolling dengan 1 sentuhan. Kalau sekarang garis seperti itu sudah tidak ada karena menggunakan touchpad saat ini mirip dengan layar smartphone. Untuk zoom tinggal gunakan 2 jari, untuk rotate 2 tinggal tempelkan 2 jari terus putar. Persis seperti di smartphone kan?

Pada posting kali ini kantorkita akan menyajikan beberapa gesture touchpad yang wajib kamu kuasai agar kamu bisa lebih gesit menggunakan laptop kesayanganmu.

SATU JARI

1. Klik Kiri
Saya masih menemui beberapa orang masih belum terbiasa menggunakan fitur ini. Touchpad hanya digunakan untuk menggerakkan cursor saja, lantas untuk klik kiri menggunakan tombol klik kiri, padahal tinggal ketuk di touchpad sudah sama dengan klik kiri.

2. Klik Kiri Tahan
Ketika kita menggunakan mouse kita sering menggunakan klik kiri ditahan untuk memindahkan Window atau memindahkan objek. Nah, jika menggunakan touchpad Anda juga bisa melakukannya, caranya ketuk 2 kali dan tahan setelah itu geser Window atau objek yang akan dipindahkan. Jika kita akan melakukan copy, ketuk 2 kali dan tahan sambil tekan Ctrl.

3. Blok 1 Kata
Kalau di smartphone untuk mengeblok 1 kata kita ketuk 2 kali pada teks tersebut, maka di laptop juga sama. Misalnya kita sedang mengetik menggunakan Microsoft Word atau sedang browsing terus kita mau ngeblok 1 buah kata, maka tinggal ketuk 2 kali pada kata tersebut. Kalau sedang mengetik Anda bisa juga menggunakan kombinasi panah + Ctrl untuk ngeblok 1 kata. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencet klik kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan di touchpad.

DUA JARI

1. Zoom
Pada browser, image viewer, ataupun Microsoft Office biasanya terdapat tombol untuk zoom. Tapi tahukan Anda ada cara yang lebih cepat untuk zooming, yaitu menggunakan touchpad. Letakkan 2 jari pada touchpad lalu cubit ke dalam untuk memperkecil, dan cubit keluar untuk memperbesar.

2. Scroll
Fungsi scrolling pada touchpad sebenarnya sudah ada dari dulu, tapi dulu hanya menggunakan 1 jari dan hanya dilakukan pada lokasi tertentu. Saat ini scrolling dapat dilakukan dengan menggerakan 2 jari secara bersamaan, gerakkan ke atas dan bawah untuk scroll vertikal, dan gerakkan ke kanan atau kiri untuk scroll horisontal.

3. Rotate
Fitur touchpad yang cukup keren tapi jarang digunakan adalah rotate, padahal kalau digunakan ini akan mempercepat pekerjaan kita. Misal kita sedang membuka file pdf atau image tapi orientasinya salah, tinggal letakkan 2 jari di touchpad dan lakukan gerakan memutar.
4. Klik Kanan
Touchpad juga menyediakan shortcut untuk melakukan klik kanan. Jika klik kiri dilakukan dengan mengetuk dengan 1 jari, maka klik kanan dilakukan dengan mengetuk dengan 2 jari secara bersamaan.

TIGA JARI
1. Show Task View
Untuk menampilkan program apa saja yang sedang berjalan, sapukan 3 jari ke atas.

2. Show The Desktop
Sebenarnya di pojok kanan taskbar sudah ada shortcut untuk minimize seluruh Window dan menampilkan desktop, namun kita dapat melakukan hal tersebut cukup dengan menyapukan 3 jari ke bawah.

3. Pindah Ke Windows Lain (Alt+Tab)
Untuk berpindah dari program yang satu ke program yang lain kita biasanya menggunakan tombol Alt+Tab, namun ada cara yang lebih cepat yaitu menggunakan touchpad, caranya sapukan 3 jari kenan atau ke kiri.

EMPAT JARI
1. Cortana/ Action Center
Windows 10 telah dilengkapi dengan software bernama Cortana, sebuah asisten virtual yang berbasis suara. Jika Anda menjalankan Windows 10 pada laptop, ketukkan 4 jari secara bersamaan untuk membuka cortana atau action center.

Demikianlah beberapa fungsi touchpad yang dapat Anda gunakan agar bisa memaksimalkan penggunaan fitur-fitur pada laptop dan Anda bisa lebih hemat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selamat mencoba..

Leave a Reply