Review ADATA ED600, Casing Hardisk dengan Shock Resistant

Posted on

Beberapa waktu lalu hardisk eksternal Seagate Expansion saya yang sudah saya pakai kurang lebih 5 tahun rusak, tiba-tiba tidak terbaca oleh laptop. Kerusakan tersebut disebabkan oleh benturan yang cukup keras ketika hardisk tersambung ke laptop kemudian jatuh dari meja. Di sisi lain, saya masih punya hardisk laptop 2.5 inch 500 GB bekas upgrade laptop saya yang sekarang pakai SSD.

Analisa saya terhadap kerusakan hardisk eksternal saya yang lama adalah tidak terdapat bantalan yang dapat meredam benturan, atau istilahnya shock resistant. Berdasarkan hal itu maka saya mulai mencari hardisk eksternal yang memiliki perlindungan ekstra, akhirnya saya nemu ADATA HD710 dengan rentang harga 800-900 ribu rupiah. Namun setelah saya coba mencari lebih jauh, ADATA juga memiliki produk HDD enclosure atau bisa kita sebut casing hardisk dengan spesifikasi shock resistant, waterproof, dan dust proof yaitu ADATA ED600. Harga HDD Encolosure ADATA ED600 relatif lebih mahal dibandingkan dengan merk Orico yang memiliki rentang harga 75-100 ribuan. Saya membeli ADATA ED600 di Tokopedia dengan harga 155.000 kemudian saya pasangkan dengan HDD 2.5 inch 500 GB bekas copotan laptop.

Ukuran body ADATA ED600 lebih besar daripada hardisk eksternal pada umumnya karena bantalan karet di dalam casing lumayan tebal. Dimensinya adalah 136 x 96 x 19 mm, kompatibel dengan HDD/SSD 2.5 inch dengan tebal 7 mm maupun 9.5 mm.

Pemasangan HDD ke dalam casing ini cukup mudah karena tidak memerlukan obeng seperti pada casing lainnya. Kunci klip berada di samping, cukup kuat mengunci body. Di dalam paket penjualan disediakan busa untuk mengganjal apabila HDD yang dipasang adalah yang tebalnya 7 mm.

Cara memasang hardisk ke dalam ADATA ED600 dapat dilihat pada gambar berikut:

 

Berikut gambar lengkap HDD Enclosure ADATA ED600 :

Tampilan belakang, kalau dipakai lama bagian yang terasa hangat di bagian sini

Kesimpulan :

Casing Hardisk ADATA ED600 ini bisa menjadi alternatif apabila punya hardisk laptop yang tidak terpakai dan akan digunakan sebagai hardisk eksternal. Namun apabila kita bermaksud merakit hardisk eksternal dengan membeli baru hardisk 2.5 dan casing ini, total biaya yang dikeluarkan tidak beda jauh dengan membeli hardisk eksternal yang sudah jadi dengan spek shock resistant. Namun apabila kita memang menghendaki hardisk eksternal yang knock down, bisa dilepas hardisknya sewaktu-waktu, maka casing ini menjadi pilihan yang sempurna karena biasanya hardisk eksternal yang sudah jadi hampir semuanya tidak dapat dibuka casingnya.

Leave a Reply