Menghitung Jumlah Karakter dalam Sel di Ms. Excel

Dalam mengolah data di Microsoft Excel, ada kalanya kita harus menghitung jumlah karakter dalam sebuah sel. Sebenarnya jumlah karakter dalam sel tersebut bukanlah hasil akhir, namun hanya sebagai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan selanjutnya. Rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam sel adalah fungsi LEN.

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

sel A1 : 12345678 —> =LEN(A1) —> hasilnya 8

sel A1 : 123 56 8 —> =LEN(A1) —> hasilnya 8

LEN selalu menghitung setiap karakter sebagai 1, apa pun pengaturan bahasa default-nya, termasuk spasi. Jika Anda menggunakan LEN dengan kolom yang berisi nilai nonteks, seperti tanggal atau Booleans, maka fungsi akan secara implisit meng-cast nilai ke teks, menggunakan format kolom yang ada. Misalnya kita akan menghitung jumlah karakter pada sel yang berisi tanggal 12/12/13, maka sel tersebut akan dirubah menjadi julian date dengan nilai 41620, sehingga jumlah karakternya adalah 5.

Fungsi LEN

Fungsi LEN juga bisa digabung, misalnya =LEN(A1)+LEN(A2)

Penggunaan fungsi LEN yang lain adalah untuk membantu memisahkan teks dengan fungsi LEFT, MID, RIGHT yang akan dibahas pada tulisan berikutnya.

Notes : Sebelum menggunakan fungsi LEN pada teks yang kompleks, sebaiknya gunakan fungsi TRIM untuk membersihkan sel dari spasi atau karakter yang tidak diperlukan.

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply