Memperbaiki Search yang Tidak Berfungsi di Windows 10

0
5824
views

Windows 10 kini telah banyak digunakan oleh para pengguna komputer dan laptop. Dengan memanfaatkan program update dari Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 maka pengguna laptop/PC bisa mendapatkan update gratis.

Fitur-fitur baru yang ada di Windows 10 antara lain Cortana, Mail, Edge, dan Startmenu. Sebenarnya bukan fitur baru sih, tapi fitur lama yang hadir kembali. Microsoft sempat menghilangkan Start Menu konvesional pada Windows 8 dan Windows 8.1.

Search Tidak Berjalan di Windows 10

Fitur search yang ada di Windows 10 merupakan pengembangan dari Windows 8 yang disempurnakan dengan Cortana yang memungkinkan kita memberi perintah ke Windows dengan perintah suara. Search di Windows 10 juga sudah jauh lebih baik dibandingan dengan yang ada di Windows 7. Jika hasil search di Windows 7 akan ditampilkan dalam sebuah Explorer, search di Windows 10 akan ditampilkan dalam program search itu sendiri dan hasil yang ditampilkan tidak hanya program dan file yang ada di komputer itu, namun juga pilihan untuk mencari di Bing jika keyword yang kita cari tidak ditemukan di dalam komputer.

Search Tidak Berjalan di Windows 10

Jika Anda baru saja menggunakan Windows 10 dan menemui search yang tidak mau berjalan, Anda tidak perlu bingung. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merestart Cortana. Caranya tekan Ctrl+Atl+Del untuk masuk Task Manager. Pada tab Prosess cari Cortana, klik kanan dan End Task. Windows akan segera menjalankan lagi Cortana setelah kita menghentikan Cortana. Sekarang coba search bar bisa berjalan atau tidak. Jika sudah berjalan berarti masalah telah diselesaikan.
  2. Jika search bar tetap tidak berjalan, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  3. Pastikan komputer Anda terhubung dengan internet. Jika Anda tidak terhubung internet, maka apabila keyword tidak ditemukan di dalam komputer Anda Windows akan membuka browser untuk melakukan pencarian melalui Bing.
  4. Login menggunakan akun Microsoft. Saya pernah mengalami ini. Saya login di Windows 10 menggunakan akun lokal, saya bahkan tidak bisa mencari program atau file yang ada di komputer saya. Jika Anda belum memiliki akun Microsoft, Anda bisa membuat akun Microsoft di live.com atau outlook.com. Akun Microsoft yang dimaksud disini adalah email hotmail, live.com, outlook.com, ataupun outlook.co.id. Jika Anda sudah memiliki salah satunya, berarti Anda tidak perlu mendaftar akun Microsoft.
  5. Cara untuk beralih dari akun lokal ke akun Microsoft adalah melalui Setting > Accounts. Klik “Sign in with Microsoft account instead”. Setelah itu Anda tinggal memasukkan username (username@domain.com) dan password akun Microsoft Anda. Langkah terakhir log out dan login kembali dengan akun Microsoft.Search Tidak Berjalan di Windows 10

Selamat mencoba.

Leave a Reply