Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor HP

Posted on

Jika Anda seorang seller di toko online, maupun menjual barang melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shoppee, pasti pernah mengalami kondisi harus menghubungi customer melalui nomor HP, baik telepon, SMS, maupun WhatsApp. Mungkin saking banyaknya transaksi Anda, cukup merepotkan jika harus menyimpan semua nomor sebelum mengirim pesan melalui WA. Kali ini kami akan mengulas cara mudah mengirim pesan ke WhatsApp tanpa perlu menyimpan nomor terlebih dahulu.

1. WhatsApp versi Web
Pada dasarnya pengiriman pesan melalui WhatsApp dapat dilakukan melalui URL berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=number

Nomor HP harus ditulis lengkap dengan kode negara Indonesia, yaitu 62. Jadi misalnya Anda menggunakan laptop/browser tinggal copy URL di atas dan number diganti misalnya 628112345678.

Setelah Anda tekan enter maka Anda akan diarahkan ke https://web.whatsapp.com/. Silakan lanjutkan proses login dengan scan barcode yang muncul.

2. WhatsApp versi Android

Untuk pengguna Android sekarang tidak perlu repot copy URL seperti di atas karena di PlayStore sudah ada aplikasi yang memudahkan kita untuk mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor HP terlebih dahulu. Kami merekomendasikan aplikasi Easy Message. Untuk menginstall aplikasi Easy Message buka PlayStore dan masukkan kata kunci Easy Message. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, terdapat kolom untuk memasukkan nomor HP dan tombol Paste. Menurut saya tombol Paste ini sangat memudahkan kita karena kita tidak perlu menahan lama di kolom input nomor untuk memunculkan opsi paste. Setelah nomor HP diinput selanjutnya kita akan dialihkan ke Aplikasi WhatsApp, jadi chatting dilakukan di WhatsApp.

Selain Easy Message sebenarnya masih banyak lagi aplikasi dengan fungsi mengirim pesan ke WhatsApp tanpa menyimpan nomor telepon terlebih dahulu, misalnya WhatsDirect, WA Direct, Direct WhatsApp, dan sebagainya.

Selamat mencoba..

 

Leave a Reply