office excel

Mengenal Fungsi Trim pada Excel

Posted on

Selamat malam semuanya, saya sudah 2 bulan ini pindah ke bagian audit. Nah, di awal tugas baru ini saya mendapatan ilmu baru tentang Microsoft Excel, yaitu fungsi TRIM. Jujur saya saya sebelumnya belum pernah menggunakan fungsi ini. Maka melalui tulisan ini saya ingin membagi apa yang saya ketahui siapa tahu bermanfaat dan siapa tahu ada yang bisa ikut menyempurnakannya.

Microsoft Excel digunakan untuk mengolah data berupa angka, salah satu cara input data ke excel adalah melalui import dari file text atau csv. Kenapa file text? Karena data yang akan diolah kadang dibuat dari aplikasi khusus, misalnya aplikasi FINA atau yang lain. Untuk melakukan audit terhadap data di aplikasi tersebut, datanya diekspor menjadi file text atau csv. Selanjutnya olah data dilakukan menggunakn Microsoft Excel.

Setelah data diimport ke dalam Excel, maka kita harus memastikan kolom dan format sesuai yang kita butuhkan. Fungsi Trim bisa kita gunakan untuk “membersihkan” format text. Fungsi Trim akanĀ  menghapus semua spasi dari teks kecuali spasi tunggal di antara kata. Trim dapat digunakan untuk menghapus spasi tidak terpakai yang kadang ada di depan teks dan di belakang teks.

Secara teori, fungsi Trim didesain untuk memangkas karakter spasi ASCII 7-bit (nilai 32) dari teks. Dalam kumpulan karakter Unicode, ada karakter spasi tambahan yang disebut karakter spasi tidak terputus yang memiliki nilai desimal 160. Karakter ini umumnya digunakan di halaman web sebagai entitas HTML. Dengan sendirinya, fungsi Trim tidak menghapus karakter spasi tidak terputus ini. Untuk contoh bagaimana memangkas kedua karakter spasi dari teks, lihat Menghapus spasi dan karakter tak tercetak dari teks.

Praktek penggunaan fungsi Trim adalah sebagai berikut:

TRIM(text)

Sintaks fungsi TRIM memiliki argumen berikut:

=TRIM(” INV-1234567 “)

hasilnya menjadi “INV-1234567”

Gambar di bawah ini menjelaskan bagaimana fungsi Trim bekerja :

Mengenal Fungsi Trim

 

 

 

 

Sebelum di Trim, ada 1 spasi di depan teks dan 1 spasi di belakang teks, dengan fungsi LEN diketahui jumlah karakter dalam sel tersebut 13 karakter, setelah di Trim jumlah karakternya tinggal 11 karena ada 2 spasi yang dihilangkan.

Apa pentingnya fungsi Trim?

Dengan fungsi TRIM, maka didapatkan teks yang tidak dikotori oleh spasi tidak penting sehingga saat diolah menggunakan fungsi lain seperti Vlookup maka datanya akurat.

Sekian sharing saya tentang fungsi Trim, Insyaallah kapan-kapan saya lanjut dengan fungsi yang lain.

Leave a Reply