fungsi kantin

Pentingnya Kantin

Posted on

Sebuah perusahaan atau Instansi Pemerintah baik yang berada di kota kecil maupun di kota besar biasanya memiliki koperasi pegawai. Salah satu pemanfaatan dana koperasi pegawai yang menguntungkan selain simpan pinjam adalah dengan investasi di kantin kantor.

Setiap orang membutuhkan sarapan dan camilan. Peluang inilah yang digunakan koperasi untuk membuka kantin di perusahaan. Penjualan makanan ringan dan minuman menjadi favorit dalam meningkatkan penerimaan kantin dan memajukan ekonomi kantor. Selain itu, biasanya kantin juga menyediakan atk dan jasa fotokopi.

manfaat kantin

Untuk memudahkan pegawai ataupun klien/pengguna jasa yang menjadi konsumennya, kantin kantor juga terkadang menjual barang dengan harga di bawah harga pasar dan kemudahan pembayaran dengan sistem hutang ataupun deposit. Jadi pelanggan tidak perlu membayar setiap terjadi transaksi, cukup dengan mencatat barang apa saja yang dibeli atau berapa banyak dokumen yang difotokopi, di akhir bulan/minggu baru diakumulasikan total transaksi yang dilakukan masing-masing pelanggan.

Untuk mengurangi biaya dan memaksimalkan keuntungan, beberapa perusahaan/instansi bahkan sekolah juga menyediakan kantin kejujuran. Di sekolah, kantin ini bertujuan melatih karakter siswa untuk bersikap jujur sedangkan di perusahaan/instansi, tujuan utamanya adalah pengurangan biaya dan menilai sejauh mana kejujuran para pegawainya.

Seiring dengan perkembangan telekomunikasi, kantin juga kini ada yang menyediakan pulsa berbagai macam operator dan token listrik. Koperasi sebagai unit yang bergerak di bidang keuangan juga bisa bekerja sama dengan kantin dalam hal pembiayaan, misalnya untuk pembelian sepeda secara kredit, peralatan dapur dan peralatan rumah tangga lainnya.

Kantin juga bermanfaat sebagai wadah silaturahim antar pegawai saat istirahat. Jika waktu istirahat cukup dan tempat yang disediakan kantin memadai untuk dapat digunakan bercengkrama sesama pegawai setelah penat bekerja, bisa meningkatkan kinerja dan menguatkan kerja sama kelompok dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor.

Semakin besar penerimaan suatu kantin, dapat dipastikan kesejahteraan pegawai semakin terjamin, seiring dengan besarnya bagi hasil yang di dapat sebagai anggota koperasi yang menginvestasikan modalnya di kantin.

Maju terus koperasi indonesia.

Leave a Reply