Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit untuk Bisnis

Posted on

Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit untuk Bisnis

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar Kartu Kredit? pasti belanja, belanja, dan belanja. Padahal credit card (CC) atau kartu kredit bisa juga digunakan untuk bisnis kecil-kecilan. Wah masak bisa sih memakai kartu kredit untuk bisnis? Tentu saja bisa.

Kartu kredit memberikan keleluasaan kepada kita untuk berhutang kepada Bank penerbit kartu kredit. Prosedur permohonan, survey, dan persetujuan hanya dilakukan sekali saja. Setelah kartu kredit diterbitkan dan diaktifkan maka kita sudah bisa melakukan transaksi, yang artinya kita sudah bisa berhutang kepada bank. Keuntungan menggunakan kartu kredit adalah jika kita bisa membayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo maka kita tidak dikenakan bunga. Ilustrasinya begini, misal kita memiliki kartu kredit Bank A, tagihan Rp1.000.000,-, tanggal pencetakan tagihan 15 April 2013, tanggal jatuh tempo 30 April 2013. Jika kita membayar tagihan sebesar Rp1.000.000,- sebelum tanggal jatuh tempo, maka kita tidak dikenakan bunga.

Keuntungan lainnya adalah kita bisa menggunakan fasilitas angsuran 3 sampai 12 bulan dengan bunga 0% pada toko-toko tertentu. Misalnya kita membeli handphone seharga Rp2.400.000,-, cicilan 12x, bunga 0%. Kita setiap bulan mengangsur Rp200.000,-, tanpa bunga. Menguntungkan bukan?

Nah 2 hal inilah yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis kecil-kecilan, pembayaran tagihan bebas bunga sebelum jatuh tempo dan cicilan 0%.

Simulasi memanfaatkan kartu kredit untuk bisnis kecil-kecilan adalah sebagai berikut:

1. Penjualan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel melalui program reseller tiket.com. Jadi misalnya ada teman kantor yang belum ada uang karena belum gajian ingin membeli tiket, bisa kita bantu membelikan dengan fee secukupnya. Teman kantor kita bisa membayar tiket tersebut sampai tanggal tertentu (yang penting sebelum tanggal jatuh tempo kartu kredit kita). Kita dapat fee dari penjualan tiket, dan teman kita mendapatkan tiket yang diinginkan.

2. Penjualan barang/ gadget dengan cicilan. Kita tawarkan kepada teman-teman kantor siapa tahu ada yang mau beli handphone dengan mencicil tidak? Misalnya ada yang pengen beli BlackBerry Z10 yang harganya Rp6.999.000,- namun tidak mampu membeli secara cash. Ia sanggup mencicil selama 6 bulan. Kita belikan ia BlackBerry Z10 di toko yang menyediakan fasilitas bunga 0% seperti Global Teleshop atau Okeshop, buat kesepakatan harga dengan teman kita tadi, dan pastikan ia mengangsur sebelum tanggal jatuh tempo.

Itulah dua contoh memaksimalkan penggunaan kartu kredit agar lebih bermanfaat, dan tentu saja memberikan keuntungan ekonomi.

Semoga bermanfaat..

 

Leave a Reply