Membuat Form Pendaftaran Online dengan Google Form

Posted on

Saat ini kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Pendaftaran Online atau Registrasi Online. Bahkan saat ini pendaftaran sekolah juga menggunakan sistem online. Tentu saja ada yang setuju dan tidak setuju karena memang sistem online seperti ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya misalnya, input data yang lebih cepat, mengurangi risiko kesalahan penulisan karena diisi sendiri oleh pendaftar dan tidak ada proses input data secara manual oleh panitia. Sedangkan kekurangannya agak merepotkan bagi masyarakat yang jauh dari jangkauan internet dan tidak bisa mengakses internet. Saya kali ini tidak akan membahas tentang itu, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat form pendaftaran online tanpa harus memiliki website, domain, atau keahlian di bidang web programing. Satu-satunya yang dibutuhkan adalah akun Google karena kita akan menggunakan Google Form.

Google Form adalah alat yang berguna untuk membantu Anda merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa kuis, atau mengumpulkan informasi lain secara mudah dan efisien. Informasi yang telah diinput oleh koresponden secara otomatis dapat dikompilasi ke dalam spreadsheet Google untuk selanjutnya diolah menggunakan Google Docs atau Microsoft Office.

Untuk membuat sebuah form menggunakan Google Form, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama Anda harus login ke akun Gmail dan masuk ke Google Drive.

2. Klik Create > Form. Selanjutnya berikan judul untuk form yang akan dibuat serta pilih tema yang Anda sukai.

Membuat Google FormMembuat Google Form 2

3. Setelah memilih nama dan tema, saatnya membuat daftar pertanyaan yang ditampilkan pada form pendaftaran. Misalnya Nama Lengkap, Nama Depan, Nama Belakang, Alamat, Tempat dan Tanggal Lahir, dsb. Klik Done jika telah selesai membuat satu pertanyaan.

Membuat Google Form 3

4. Untuk menambah pertanyaan klik Add Item. Ada banyak pilihan model pengisian form, dropdown, cek list, paragraf, date, time, dsb.

Membuat Google Form 4

5. Jika semua pertanyaan sudah diinput, maka tinggal klik Send Form di bagian bawah untuk mendapatkan link url, kode embed, atau langsung share ke Facebook, Twitter, atau Google+.

Membuat Google Form 8

6. Untuk membuat data langsung dikompilasi menjadi sebuah file Google Docs, pilih Choose Destination Response. File tersebut dapat Anda olah langsung di Google Docs maupun di download menjadi file excel.

Membuat Google Form 5

7. Beralih ke tab Google Drive, disana sudah ada file baru dengan nama Form Pendaftaran (Responses). File tersebut berisi kolom-kolom sesuai urutan pertanyaan yang Anda buat.

8. Jika Anda lupa link Form yang Anda buat, bisa Anda buka melalui Google Drive, klik kanan pada file Form Pendaftaran, klik kanan, Share > Share.

Selamat mencoba menggunakan Google Form.

Leave a Reply