Memisahkan Kata dalam Excel tanpa Rumus

Setelah belajar fungsi menggabungkan kata dari beberapa cell dengan fungsi =Concantenate(), sekarang saya akan coba bahas bagaimana cara memisahkannya beberapa kata dalam satu cell menjadi beberapa cell tanpa harus cerai dan repot ke pengadilan agama :P.

Misalnya dalam sebuah cell terdapat kata “sobat kantorkita keren bingit”, nah sekarang gimana cara memisahkan mereka menjadi “sobat”, “kantorkita”, “keren”, dan “bingit” di masing-masing cellnya? Nah daripada penasaran yuks disimak langkah-langkahnya sobat kantorkita.

1. Siapkan data berisi kalimat yang akan kita pisahkan. Saya contohkan menggunakan kata : “sobat kantorkita keren bingit”

KANtORKITA KEREN

2. Caranya tidak sesulit menghafal rumus, tinggal Klik menu data > Text to columns maka akan muncul jendela isian berikut :memisahkan kata di excel

Jika kalimat dalam kolom yang kita miliki hanya dipisahkan dengan spasi, maka cukup klik opsi fixed width atau bisa juga diisi deliminated lalu muncul jendela lanjutan untuk menyesuaikan pemisah antar kata. Isikan karakter pemisah pada kolom yang tersedia. tidak hanya spasi, titik, koma, huruf, angka.. silahkan isi sesuai kondisi kalimat.

cara memecah kata excel

3. At last but not least. Isi kolom destination untuk meletakkan kolom dimana kita ingin menampilkan data. cukup satu kolom maka akan menyesuaikan berapa kata yang bisa tercipta dari kalimat yang kita ceraikan tadi.

pisah kata dengan excel

Jika destination diisi satu kolom saja, maka komputer akan langsung menceraikan kata yang tersedia ke kolom-kolom secara automatis sesuai dengan jumlah kata yang telah diolah.

pecah kata dalam kalimat excel

Semoga bermanfaat.

Written by ikhwan badunk

Petualang, menjelajah muka bumi untuk cinta dan syurga.

10 Comments

gravatar
eko

mas wahid mau tanya cara misahkan eko prasetyo 123456789 dalam satu cell mau rubah jadi eko prasetyo satu cell 12345678 dalam sel berbeda

Reply
gravatar
Wahid Hasan

Kalau formasinya tetap sebenarnya pakai text to column trs habis itu kolom 1 dan 2 digabung lagi dengan concantenate bisa mas. Cuma kalau gak tetap, misal ada yg namanya cuma 1 kata atau malah 3 kata bisa pakai fungsi IF.

Reply
gravatar
auki

Mas bro, kalau saya mau pisakan kata “BELAJAR” per huruf dalam setiap sel tanpa rumus bisa tidak?

O, ia, totorial ini bisakan pake exel 2007?

Reply
gravatar
salvador

Mas Wahid yang baik hati..
bagaimana cara memisahkan huruf & angka dlm satu sel di ms xl,?
,(ada spasi diantara huruf dan angka)
contoh yg ada di ms XL yg skrg:

A1563VF
A1563V
A156F
A15V
A1F
B1452CKF
B145CKF
B45CKF
B4CKF
AA2431VL
AA215VL
AA35VL
AA5VL

maksud saya,
A 1563 VF

angka dan huruf tdk beraturan jumlahnya.
Terima kasih Mas Wahid dan mohon bantuan penjelasannya.

Reply
gravatar
Wahid Hasan

Terima kasih telah mengunjungi kantorkita.net. Untuk pertanyaan mas salvador, smp hari ini kami belum menemukan cara untuk memisahkan huruf dan angka tsb. Kami akan beusaha, apabila kami telah menemukan solusinya, akan segera kami sampaikan. Terima kasih.

Reply
gravatar
amsar

mohon bantuannya bagaimana cara memisahkan di sel A1 = 020582 dikolom B1 menjadi 02/05/82 mohon bantuannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

Reply
gravatar
Wahid Hasan

Itu pake fungsi left untuk ambil 2 digit pertama, fungsi mid untuk digit kedua, dan right untuk 2 digit terakhir. setelah itu gunakan fungsi DATE untuk menggabungkan lagi menjadi tanggal/bulan/tahun

Reply

Leave a Reply