menggunakan combo box

Mengaktifkan Menu Developer pada Ms Excel 2007 / 2010

Posted on

Pada Microsoft Office Excel 2007 maupun 2010 standar telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan Office Excel 2003. Selain Tampilan yang lebih cakep, juga terhadap peningkatan kapasitas datanya. Tidak banyak yang mengetahui bahwa ternyata walaupun tampilan standar office Excel 2017 maupun 2010 sudah cukup simple, masih ada satu menu Ribbon yang disembunyikan, menu ribbon itu adalah Developer.

menggunakan combo box

Dalam menu ini disajikan menu Visual basic dan Macro, bagi sebagian sobat kantorkita yang masih awam dengan excel mungkin masih belum terlalu mengenal siapa itu macro dan apa tugas dan fungsinya dalam office Excel. Dalam menu ini disediakan fungsi control yang oleh sebagian pengguna excel digunakan untuk mempermudah mempresentasikan suatu laporan.

Setelah mengaktifkan menu developer yang disembunyikan Microsoft, sobat kantor kita dapat menemukan menu controls dan melakukan insert button, Combo Box,  Check Box, List Box, Spin button,  Group Box, Label, Scroll Bar, Text , Combo List, Combo Drop Down, Toggle button dalam versi Active X dan beberapa fungsi control lainnya.

Bagi sebagian pengguna excel mungkin menu developer ini jarang digunakan, karena kekurang pahaman atau sudah merasa cukup puas mengolah tampilan laporan yang akan disajikan dengan menggunakan menu insert dan formatting standar excel.

Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengaktifkan menu developer ini?

Sangat mudah mengaktifkan menu ribbon developer, sobat kantorkita dapat diaktifkan dengan klik office button (icon yang ada di pojok kiri atas) pilih Excel Options > Popular > lalu checklist show developer tab in the ribbon pada tab show option for working with excel > klik OK.menu developer excel 2007 2010

Sekarang saatnya bergaya dengan menu tambahan di Excel 2007 atau 2010 anda.

Leave a Reply