Tips Membeli Printer SOHO

Perhatikan Ini Sebelum Membeli Printer untuk SOHO !

Posted on

Tips Membeli Printer SOHOMembeli printer itu perkara mudah, sediakan dana, datang ke toko komputer, pilih yang disukai, bawa pulang. Selamat Anda sudah mempunyai sebuah printer. Jika printer hanya digunakan untuk keperluan pribadi, hal seperti di atas sah-sah saja dilakukan. Namun jika Anda berada di bagian pengadaan (procurement) di sebuah perusahaan (khususnya Small Office Home Office) maka sebelum menentukan printer apa yang akan dibeli, maka harus mempertimbangkan banyak hal agar tidak ada penyesalan di belakang hari.

Nah berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli printer.
1. Keperluan
Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah keperluan, keperluan ini dapat dirinci sebagai berikut:
a. Jumlah halaman yang dicetak, jika banyak lebih baik menggunakan printer laser. Harga printer lebih mahal, namun operasional lebih murah.
b. Halaman yang dicetak hitam putih atau warna. Hal ini tergantung kebutuhan tiap bagian, ada bagian yang perlu printer warna, ada pula hanya hitam putih saja.
c. Perlu Printer sekaligus Mesin Fax dan Scanner atau tidak, jika iya bisa menggunakan Printer Multi Fungsi.
d. Jenis dokumen yang dicetak, misalnya keperluannya adalah mencetak kuitansi dengan kertas continous form 3 ply maka harus menggunakan printer dot matrik.
2. Budget
Kemampuan setiap perusahaan berbeda-beda, jika perusahaan dengan dana besar tentu tak perlu terlalu pusing memikirkan budget pengadaan printer. Namun, jika dana terbatas harus cermat dalam memilih printer. Jangan tertipu harga printer murah, namun sekali ganti catridge harganya sama dengan printer baru. Harga printer 300 ribuan, namun satu set catridge harganya 400 ribu.

Saya tidak menyarankan memasang infus pada printer ink jet karena bisa merusak garansi. Jika bermaksud membeli printer dengan infus, saat ini sudah ada produk yang sudah terpasang infus dari awal.
3. Layanan Purna Jual
Tidak ada jaminan bahwa printer dengan harga jutaan rupiah tidak akan rusak dalam waktu beberapa bulan. Nah, jika printer Anda masih dalam masa garansi Anda bisa klaim ke service center. Oleh karena itu saya menyarankan untuk membeli printer yang ada pusat servisnya di kota Anda, selain memudahkan masalah klaim garansi juga untuk memudahkan perbaikan setelah masa garansi habis.
4. Catridge
Kantor saya memiliki printer Canon IX5000 yang menggunakan Catridge Canon nomor 5 dan 8. Selain itu kami juga menggunakan Epson LQ2180. Kami tidak pernah kesulitan untuk membeli catridge (pita) LQ2180, namun sebaliknya untuk Catridge Canon 5 dan 8. Kami harus memesan langsung ke distributor resmi karena toko komputer tersesar di kota kami pun tidak memiliki stok. Apa masalahnya? Printer Canon IX5000 adalah printer yang jarang digunakan sehingga jarang ada permintaan catridgenya. Oleh karena itu sebelum membeli printer pastikan ke toko-toko komputer di kota Anda bahwa catridgenya tersedia.
Selain itu, pertimbangkan juga untuk membeli printer yang berbeda namun catridge yang digunakan sama. Hal ini akan memudahkan pada waktu pengadaan catridge. Tentu akan sangat tidak efisien jika Anda memiliki 5 jenis printer dengan catridge yang tidak kompatibel antara satu dan lainnya. Tentu akan lebih hemat jika satu jenis catridge bisa digunakan pada beberapa printer. Sebagai contoh Catridge HP Black Toner 78A dapat digunakan untuk printer HP LaserJet Pro M1536dnf MFP, P1566, dan P1606dn. Nah jika memiliki ketiga printer tersebut, cukup membeli satu jenis catridge saja, yaitu HP 78A.
Demikianlah tips sebelum memutuskan untuk membeli printer. Semoga bermanfaat..

gambar : sublistuff.com

Leave a Reply