Cara Menonaktifkan Kategori Otomatis di Gmail

Posted on

Google telah membuat perubahan/ update pada layanan email Gmail berupa fitur sort dan kategori secara otomatis. Dengan fitur tersebut maka email yang masuk ke inbox akan dikategorikan secara otomatis ke dalam 4 kategori, yaitu Primary, Social, Promotions, dan Updates. Sisi positifnya adalah email akan kelihatan lebih rapi karena email yang berkaitan dengan facebook, twitter, dsb akan secara otomatis masuk ke folder Social, sedangkan email promosi dari lazada, elevenia, dsb akan masuk ke folder Promotions. Jadi folder Primary hanya akan berisi email selain Social, Promotions, dan Updates.

Menonaktifkan Auto Sort dan Kategori di Gmail

Meskipun fitur auto sort and categorize tersebut sebenarnya bagus, saya sendiri merasa kurang nyaman. Fitur tersebut mengharuskan saya mengecek tiap-tiap folder/ kategori untuk mengetahui email baru apa saja yang masuk di kategori tersebut. Akibatnya saya terlewat membaca beberapa email penting karena oleh Google dimasukkan ke salah satu folder dan tidak ada notifikasi dan saya lebih sering ngecek email di Primary saja. Saya lebih nyaman melihat satu halaman yang memuat seluruh email yang masuk tanpa terkategori. Ya… saya lebih menyukai cara konvensional. 🙂

Jika Anda merasa lebih nyaman dengan Gmail tanpa tab-tab kategori, maka Anda harus segera menghilangkan atau menonaktifkan auto categorize di Gmail, caranya bagaimana? Monggo dilanjut baca..

Cara Menonaktifkan Auto Kategori (Automatic Sorting and Categories) di Gmail

1. Disable Auto Categorize di Gmail versi web.
– Klik ikon GEAR di pojok kanan atas.
– Lalu pilih “Configure Inbox”

Menonaktifkan Kategori Otomatis di Gmail
– Hilangkan seluruh tanda check (centang) kecuali pada Primary.

Menonaktifkan Kategori Otomatis di Gmail
– Simpan setting dengan klik tombol Save.
Selesai, seharusnya tampilan inbox Gmail Anda sudah berubah.

2. Disable Gmail Categories di Android
– Buka Gmail dan masuk Setting
– Pilih akun Gmail yang akan diubah settingnya.
– Pilih Inbox Categories dan hapus centang pada Social, Promotions, Updates, dan Forums.
– Kembali ke Inbox dan refresh.
Setting yang dilakukan pada web juga akan berdampak pada aplikasi Gmail di Android, artinya jika Anda menonaktifkan fitur auto categorize di web Gmail maka secara otomatis fitur itu di Gmail Andoid juga menjadi non aktif, begitu juga sebaliknya.
Semoga bermanfaat.

Leave a Reply