Netcut, Pendukung Internet Jaringan

0
265
views

Jaman serba maju gini, “sesuatu” banget kalo belum pernah denger yang namanya wireless (jaringan tanpa kabel). Jika pada infra red mengharuskan penggunanya menempatkan dua gadget yang akan dihubungkan sejajar maka mengunakan wireless atau bahasa indonesianya nirkabel tidak perlu repot-repot mensejajarkan gadget yang kita miliki dengan alat pemancarnya. Seperti pada penggunaan handphone, wireless menggunakan gelombang radio yang memungkinkan penggunanya fleksible berada pada posisi apapun sepanjang gadget yang digunakan masih menangkap gelombang yang terpancar.

Pada penggunaan di kantor-kantor biasanya kantor menyediakan satu modem dengan kapasitas besar dan untuk menghemat biaya share jaringan memanfaatkan teknologi wireless. Mungkin sobat pernah mengalami koneksi internet yang tiba-tiba terputus saat berselancar, tetapi ada kawan yang masih asik internetan tanpa mengalami masalah koneksi. Banyak hal yang menyebabkan ini, seperti dijelaskan pada artikel Pembatasan Koneksi Internet di Kantor atau bisa saja karena adanya kawan kita yang iseng meng “cut” koneksi internet kita menggunakan software netcut.

netcut

Adalah netcut, sofware yang filenya banyak tersedia dan bisa didownload di internet secara gratis yang bisa digunakan untuk memutus iuga telah dilengkapi dengan anti netcut yang fungsinya melindungi komputer kita dari peng”cut”an.

Pengamalan saya ketika menggunakan software ini dan meng”cut” semua jaringan di kantor pada sore hari, waktu itu emang kantor lagi sepi, dan saya lupa mematikan netcutnya. Pada pagi hari berikutnya kantor gempar dengan tidak bisanya koneksi internet di semua komputer. Waktu itu saya nggak berani ngaku dan pernyataan yang keluar adalah server sedang down. Lewat forum ini saya sekalian minta maaf sama temen-temen di kantor yak.. nggak ngulang-ngulang lagi deh.

Sisi positifnya kita dapat menggunakan software ini untuk melindungi kantor dari penggunaan internet yang tidak sehat, misalnya ada teman kita yang sedang asyik mendownload atau streaming, sementara kita kesulitan mengirim file attachment yang hanya 15Mb sobat bisa manfaatkan software ini dengan memutus koneksi komputer si kawan tadi dengan hanya mengklik satu tombol saja tanpa disadari. dan file yang kita kirim pasti lebih cepat dari sebelumnya.

Tentunya otorisasi penggunaan software ini sebaiknya diberikan kepada orang yang bisa dipercaya agar tidak merugikan internal kantor. Lagipula software ini bisa menunjukkan komputer mana saja dalam jaringan kita yang sudah terinstal aplikasi ini, sehingga memudahkan dalam hal pengawasan penggunaanya.

Semoga bermanfaat.