Pembatasan Koneksi Internet di Kantor

Pembatasan Koneksi Internet di Kantor

Posted on

Pembatasan Koneksi Internet di Kantor

Bro, pernah gak ngrasain jengkel gara-gara waktu upload attachment email ke client gagal terus gara-gara internet lemot? Padahal kantor sudah langganan internet unlimited yang bandwidth-nya gede. Selidik punya selidik, di kantor ada yang hobi download film bajakan sama nonton video streaming. Boro-boro buat kerja, eh malah dipakai buat kesenangan sendiri tanpa peduli dengan kepentingan orang lain.Saya rasa kejadian seperti ini umum terjadi pada kantor-kantor yang koneksi internetnya tidak dibatasi. Itu juga yang terjadi pada kantor saya juga beberapa waktu lalu, namun sekarang sudah agak mendingan karena kantor saya memakai mikrotik untuk membatasi situs yang dibuka. Buat apa sih koneksi internet di kantor harus diatur?

1. Koneksi internet di kantor bertujuan untuk mendukung pekerjaan, jadi saat jam kerja sebaiknya dilakukan pengaturan agak pekerjaan tidak terganggu. Tentu pembatasan ini akan berbeda-beda untuk tiap-tiap kantor.

2. Agar koneksi internet tidak dimonopoli oleh beberapa orang saja. Maksud saya begini, pernah kan ngrasain internet lemot gara-gara teman kita sekantor sedang download film, nah saat itulah ia memonopoli bandwidth. Siapa yang dapat jatah duluan, yang belakangan gak kebagian.

3. Mengamankan data. Bagi perusahaan data adalah segalanya, oleh karena itu perlu dijaga. Jika semua situs diijinkan dibuka, bisa jadi pegawai di kantor mengakses situs-situs p*rno, ke*gen, software bajakan, dan crack yang kemungkinan mengandung virus. Nah, jika virus berhasil menginfeksi satu buah komputer di kantor, ada kemungkinan ia akan menyebar melalui jaringan di kantor. Ini membahayakan data kantor.

4. Menghindari penyalagunaan internet. Anda mungkin tidak akan tahu jika ternyata salah satu pegawai di kantor Anda adalah seorang cracker, ia melakukan perbuatan ilegal menggunakan internet kantor. Ujung-ujungnya kantor juga yang repot ketika nanti berurusan dengan pihak berwajib.

5. Social media boleh, tapi…   Jika Anda seorang atasan pasti akan jengkel melihat anak buah Anda setiap waktu sibuk fesbukan dan twitteran, sementara itu pekerjaan menumpuk. Jadi, agar jam kerja benar-benar digunkan untuk bekerja, perlu juga dilakukan pembatasan URL seperti facebook, twitter, myspace, youtube, dsb.

Itulah beberapa alasan umum mengapa internet di kantor perlu dibatasi. Lantas apa bentuk pembatasan-pembatasan internet di kantor? Simak kelanjutannya.

1. Pembatasan URL / keyword.

Sebenarnya ada beberapa internet provider yang sudah membatasi situs-situs tertentu agak tidak bisa diakses, namun tetap saja ada banyak situs-situs p*rno yang lolos. Oleh karena itu kantor harus proaktif membuat list situs yang berbahaya dan perlu dilakukan pembatasan. Selajutnya daftar situs tersebut dimasukkan dalam rule firewall dalam Mikrotik. Jika memang kita sulit melacak alamat URL nya, kita bisa menggunakan keyword, misal “tube”, maka semua URL yang terdapat kata “tube” akan terblokir.

2. Pembatasan ukuran file yang didownload.

Pembatasan ukuran file akan mencegah orang untuk mendownload film yang biasanya berukuran besar. Namun kelemahannya kita akan kesulitan manakala ada email masuk dan attachmenya berukuran besar.

3. Pembatasan jenis file yang didownload.

Cara ini biasanya untuk mencegah download tipe file tertentu. Misalnya diatur blok untuk file berekstensi .rar. Namun cara ini kadang kecolongan juga karena file yang akan didownload di rename terlebih dahulu.

4. Pembatasan speed download dan upload / bandwidth.

Dengan pembatasan speed, maka video streaming akan menjadi lambat dan pada akhirnya ditinggalkan karena lama.

5. Pembatasan waktu penggunaan internet.

Dengan pembatasan ini, internet hanya dapat diakses pada jam-jam tertentu.

6. Pembatasan komputer yang dapat terhubung dengan internet.

Jika memang dirasa sebuah komputer tidak perlu terkoneksi dengan internet, maka koneksi internet untuk komputer tersebut dapat diputus.

Demikianlah beberapa tips pembatasan internet di kantor, semua ini bertujuan untuk keamanan data, efektifitas, dan efisiensi. Selamat bekerja..

* Jika ada yang mau nambahi, bisa disampaikan melalui komentar di bawah ini. Terima kasih.

2 thoughts on “Pembatasan Koneksi Internet di Kantor

Leave a Reply