Solusi Masalah Aktivasi Microsoft Office 2013 Original

0
535
views

Microsoft Office adalah program yang office suite yang paling populer di dunia. Meskipun telah ada program yang memiliki fungsi dan fitur yang hampir sama seperti Open Office, Libre Office, atau WPS Office, tetap saja banyak orang yang memilih menggunakan Microsoft Office. Salah satu hal yang menjadi alasan adalah masalah kompatibilitas. Dan harus diakui bahwa kompatibilitas memang isu utama, bahkan sesama microsoft office 2007, 2010, dan 2013 saja pada beberapa bagian tidak kompatibel.

Versi terakhir Microsoft Office saat ini adalah versi 2013. Microsoft Office 2013 terdiri dari beberapa versi, mulai dari Student, Home, dan Proffesional. Beberapa waktu lalu saya membeli Microsoft Office 2013 Home Student 1 PC dengan harga yang cukup murah di Lazada.co.id.

Solusi Masalah Aktivasi Microsoft Office 2013 Original 1

Setelah beberapa hari DVD Microsoft Office 2013 Student datang, langsung saja saya install. Pada proses instalasi kita diminta memasukkan serial number yang disertakan dalam paket pembelian. Proses instalasi berjalan tanpa hambatan.

Saya mencoba menjajal salah satu program, yaitu Excel. Saat pertama kali dijalankan kita diminta untuk mengaktifkan Ms. Office melalui internet atau telepon. Saya memilih mengaktifkan melalui internet karena bahasa Inggris saya menyedihkan.

Solusi Masalah Aktivasi Microsoft Office 2013 Original

Pada saat saya akan mengaktikannya, muncul dialog error “We’re sory, something went wrong … (0x8007005)”. Saya coba berkali-kali tetap seperti itu. Saya sempat berpikir jangan-jangan Ms. Office yang saya beli bajakan juga ini.

Lalu saya coba browsing untuk menemukan akar permasalahan dan solusinya. Dari situs resmi Microsoft  saya dapat penjelasan sebagai berikut:

Error code 0x80070005 is also known as “ACCESS DENIED.” It usually occurs when you lack file or registry permissions that are required to install the update. (Because file or registry permissions may be changed by malware, we recommend that you scan for malware after you repair the permissions.)
To resolve the issue, make sure that you are logged on as an administrator, and then install the updates again. If the problem continues, use the SubInACL tool to repair file and registry permissions

Jadi, kode 0x80070005 tersebut mengindikasikan bahwa “Access Denied”, artinya kita tidak punya hak untuk menjalankan program tersebut. Dijelaskan juga cara untuk menghindari pesan error tersebut adalah login sebagai Administrator.
Dari penjelasan tersebut dapat saya simpulkan bahwa saya perlu login Administrator agar dapat mengaktifkan Ms. Office 2013. Cara untuk menjalankan Ms. Office 2013 sebagai Administrator adalah dengan klik kanan pada icon shortcut salah satu program Ms. Office, misalnya Excel. Lalu pilih Run As Administrator, kita akan diminta untuk memasukkan user dan password. Setelah itu langsung saja melakukan aktifasi melalui internet. Dan Ms. Office 2013 berhasil diaktifasi.

Selamat mencoba.

Leave a Reply