Ubah Huruf Format Kapital di Word

0
315
views

Seringkali tombol Capslock yang berada di sebelah kiri sebuah keyboard tertekan jari kelingking, sehingga tulisan kita menjadi huruf kapital semua atau kapital sebagian sehingga menjadikan kesan alay. Jika kita ingin merubah tulisan di Ms. Word misalnya kata “tIPs daN TrIK” menjadi ” tips dan trik” kita tidak perlu menekan tombol delete kemudian menulis ulang sehingga membuang energi dan waktu.

Pada microsoft word sebenarnya telah tersedia fasilitas change case / merubah susunan huruf yang berisi huruf kapital penuh atau sebagian atau kecil dalam suatu kalimat atau kata, menu tersebut menyediakan berbagai pilihan seperti “small caps” dan “All Caps”. Namun tidak banyak orang yang telah memanfaatkan fasilitas ini karena ketidaktahuan, padahal berapa banyak waktu yang bisa dihemat jika fitur ini dimanfaatkan secara optimal. Pada versi word 2007 dan 2010 sobat kantorkita dapat menemukan fasilitas ini pada menu “Home>Font”, sedangkan pada word versi sebelumnya ada di menu “Format>Change Case”

caranya sangat mudah misalnya pada microsoft word versi 2007 yaitu dengan melakukan seleksi atau BlockĀ kata atau kalimat yang akan dirubah susunan hurufnya dan pada ribbon “home”, group menu “Font” klik tombol “Change Case” seperti gambar berikut ini.

change case di word

Ada 5 fungsi yang bisa sobat kantorkita pilih, yaitu :

  1. Sentence case : Huruf besar ditulis pada awal kalimat
  2. lower case : semua huruf terdiri dari huruf kecil
  3. UPPERCASE : SEMUA HURUF DITULIS DALAM HURUF BESAR
  4. Capitalize Each Word : Huruf Besar Ditulis Pada Awal Setiap Kata
  5. tOOGLE cASE : huruf awal kata merupakan huruf kecil, sedangkan yang lain huruf KAPITAL

Selain menggunakan cara diatas, cara cepat lainnya yang paling mudah digunakan untuk merubah susunan huruf (change case) sebuah kata atau kalimat adalah dengan menggunakan shortcut yaitu dengan menekan kombinasi tombol “Shift+F3″ dan keajaiban yang terjadi adalah susunan huruf yang telah di seleksi akan berubah. Tekan shortcut yang sama sampai susunan huruf sesuai dengan pilihan sobat.

Selamat mencoba.

Leave a Reply