WhatsApp vs Telegram, Lebih Baik Mana?

Posted on

Saat ini WhatsApp menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia. Hampir semua orang yang menggunakan smartphone Android maupun Iphone ada aplikasi WhatsApp. Penggunaan WA pun sekarang semakin beragam, dari yang hanya untuk chatting antar teman, sampai grup WA dengan berbagai tujuan. Bahkan Tokopedia menggunakan WA untuk menggantikan notifikasi SMS.
Selain WhatsApp ada juga aplikasi chatting sejenis yang mulai naik daun, yaitu Telegram. Dikarenakan keterbatasan jumlah member di grup WA, saat ini mulai banyak grup yang beralih ke Telegram.
Pada artikel kali ini saya akan membahas persamaan dan perbedaan WhatsApp dan Telegram. Berikut perbandingan fitur antara WhatsApp dan Telegram.

 WhatsAppTelegram
PlatformAndroid, Iphone, Windows Phone, Web-version, WindowsAndroid, Iphone, Windows Phone, Web-version, macOS, Window, Linux
BiayaGratisGratis
TeleponYaYa
Video CallYaTidak
Tanda Sent dan ReadYaYa
AttachmentDocument, Foto, Video, Suara, Lokasi, KontakDocument, Foto, Video, Suara, Lokasi, Kontak
DataSeluruh data tersimpan di device sehingga apabila file yang sudah didownload dihapus, maka tidak bisa didownload lagiSeluruh data tersimpan di server/cloud sehingga jika file yang sudah didownload dihapus file tersebut dapat didownload kembali
BackupYa, setiap hari WhatsApp membentuk file backup. Terdapat fitur tambahan backup ke gmail.Tidak, karena cloud-based maka tidak ada data yang tersimpan di handphone.
Format teksYa, bold, italic, strikethrough, monospaceTidak
Member group256100.000
EnkripsiYaYa
Notifikasi mentionYaYa
EmoticonEmoji, GIFEmoji, Sticker
Fitur tambahan–           Pinned Message

–           Channel

–           Bot

 

Setelah melihat perbandingan di atas, secara fitur sebenarnya lebih banyak Telegram tapi jumlah user lebih banyak WhatsApp. Pilihan kembali kepada Anda, jika ingin fitur yang melimpah, tak perlu memikirkan backup yang membebani storage, tak perlu memikirkan chat yang hilang saat HP hilang, gunakan Telegram. Namun jika teman-teman di sekitar masih banyak yang menggunakan WhatsApp, mau tidak mau Anda juga menggunakan WhatsApp.

Leave a Reply