Cara Download Foto/Video Instagram di Android

Posted on

Instagram menjadi aplikasi favorit untuk berbagi foto dan video. Aplikasi ini tidak menyediakan menu untuk mendownload foto maupun video yang sudah diupload. Jika kita akan membagikan postingan IG tersebut hanya bisa melalui copy link dan share on WhatsApp saja. Bahkan seringkali saya temui share postingan IG ke grup WA dengan screenshotnya saja.

Ada 2 cara mudah untuk menyimpan foto dan video Instagram ke dalam HP Android yaitu menggunakan aplikasi FastSave for Instagram dan Telegram. Keduanya sama-sama mudah kok.

  1. FastSave for Instagram

Aplikasi FastSave for Instagram dapat diunduh gratis dari PlayStore. Setelah FastSave terinstall buka aplikasi ini dan hidupkan FastSave Service. Selanjutnya buka aplikasi Instagram, ketuk 3 titik di pojok kanan atas, pilih Copy link. FastSave akan secara otomatis mendownload seluruh gambar dan video.

2. Telegram

Telegram ternyata mempunyai fitur preview link yang canggih. Saat kita copy link Instagram di Telegram, maka secara otomatis Telegram akan menampilkan foto ataupun video Instagram tersebut tanpa perlu membuka aplikasi Instagram, bahkan untuk multiple photos/videos. Untuk mendownload foto/video Instagram, pertama-tama copy link di Instagram, dan paste di salah satu chat di Telegram (kalau saya lebih senang di Saved Message). Setelah preview tampil, untuk video kita tinggal klik icon video tersebut. Sementara itu untuk foto ketuk gambar tersebut menampilkan preview, kemudian ketuk 3 titik di pojok kanan dan ketuk save to gallery.

Selamat mencoba..

 

Leave a Reply