Cara Cepat Convert File Docx Menjadi Doc

Microsoft office saat ini telah mencapai versi 2013 atau Microsoft Office 2013. Namun ternyata masih banyak yang menggunakan Ms. Office 2007. Meskipun sama-sama Microsoft Office, ternyata tidak menjamin bahwa satu versi dengan versi yang lain selalu kompatibel. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah file .docx yang dibuat menggunakan Ms. Word 2010 dan 2013, saat dibuka di Ms. Word 2007 formatnya menjadi berantakan. Kebanyakan masalah yang saya temui adalah banyak spasi yang hilang, sehingga kata yang satu dengan yang lain menjadi dempet.

Jika dokumen tersebut hanya 1 atau 2 lembar, Anda masih bisa dengan mudah mengedit secara manual untuk memperbaikinya. Namun bagaimana jika dokumen tersebut terdiri dari 100 halaman, tak akan cukup waktu 1 hari untuk memperbaikinya. Jika file docx tersebut dikirim oleh teman Anda, mungkin Anda masih bisa minta tolong disimpan dalam format .doc lalu dikirim ulang melalui email. Namun bagaimana jika file .docx tersebut dikirim oleh klien Anda? Ada rasa malu dan gengsi untuk mengakui bahwa file tersebut berantakan karena Anda masih menggunakan Ms. Word 2007, sedangkan klien Anda menggunakan Ms. Word 2010. Selain itu, butuh waktu yang lebih lama juga karena bisa jadi ia tidak punya banyak waktu luang untuk menyimpan file tersebut dalam format .doc dan mengirim ulang kepada Anda.

Oleh karena itu tidak ada cara lain untuk mempercepat kerja Anda selain mengubah file doxc tersebut menjadi doc tanpa bantuan Ms. Word 2010/2013. Proses convert file docx menjadi doc dilakukan dengan bantuan software Free Docx to Doc Converter. Software ini adalah freeware alias gratis.

1. Pertama-tama, Anda harus mengunduh installer Free Docx to Doc Converter melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD FREE DOCX TO DOC CONVERTER

2. Setelah didownload langsung saja diinstall di komputer atau laptop Anda. Software ini berukuran kecil, sekitar 1,5 MB.

Free Docx to Doc Converter

3. Setting lokasi untuk meletakkan file doc hasil convert. Klik Change Output Directory.

4. Untuk memilih file docx yang akan diconvert, klik tanda + (plus) warna hijau muda. Anda juga bisa convert secara massal dengan cara klik logo folder di sebelah tanda plus.

5. Setelah file yang akan diconvert dipilih, langsung klik Convert di pojok kanan bawah. Lamanya waktu convert tergantung dari ukuran file yang diconvert.

Selain menggunakan software Free Docx to Doc Converter seperti di atas, Anda juga bisa mengubah file docx menjadi doc secara online. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan jasa convert file docx menjadi doc secara online:

1. Investintech http://www.doc.investintech.com/

2. Zamzar http://www.zamzar.com/convert/docx-to-doc/

3. Free File Converter http://www.freefileconvert.com/

Selamat mencoba..

Written by Wahid Hasan

Senang dengan ilmu manajemen dan pemasaran, serta hobi utak-atik excel. Follow twitter saya @wahidhasan

Leave a Reply